PLN Tegaskan Viral Diskon Listrik WFH Wabah Corona Hoaks PLN

MerahPutih.com - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menegaskan kabar viral mengenai adanya kompensasi keringanan biaya kepada pelanggan karena ada kebijakan Work from Home (WFH) tidak benar alias berita hoaks.

BUMN itu menjelaskan isi tautan yang viral dibagikan melalui pesan berantai tersebut adalah kompensasi yang pernah diberikan oleh PLN pada saat padam listrik yang terjadi pada Agustus 2019 lalu.

Baca Juga:

PLN Janji Ganti Rugi Mati Lampu Massal, Tapi Bukan Uang Tunai

Perusahaan pelat merah itu lagi-lagi menegaskan sampai saat ini belum ada keputusan untuk memberikan kompensasi karena adanya aturan WFH untuk meminimalisir wabah pandemi virus corona di Tanah Air.

"Jadi bisa kami pastikan isu tersebut tidak benar," kata Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN, I Made Suprateka, di Jakarta, dari rilis perusahaan yang dikutip, Senin (30/3).

pln
Seorang operator mengoperasikan travo di Gardu Induk Gardu Induk PLN. (Foto: Antara/Basri Marzuki)

Terkait pemberlakuan Work From Home atau pembatasan interaksi untuk mencegah penyebaran virus COVID-19, PLN hanya menangguhkan pencatatan dan pemeriksaan stand meter pelanggan langsung oleh petugas ke rumah-rumah.

Sebagai gantinya, PLN menerapkan kebijakan perhitungan rata-rata pemakaian listrik selama 3 bulan terakhir untuk pelanggan pascabayar. Atau, pelanggan dapat mengirimkan foto meteran listrik rumah masing-masing ke alamat situs resmi perusahaan BUMN energi itu.

Sebelumnya dikutip dari Antara, viral beredar mengenai pesan di dalam aplikasi chatting mengenai pendataan kompensasi listrik bagi masyarakat akibat adanya kebijakan WFH. Dalam tautan melalui pesan WhatsApp tersebut, pengunjung akan diarahkan pada website yang berisikan data informasi pelanggan PLN. (*)

Baca Juga:

Potong Gaji Karyawan untuk Bayar Kompensasi, PLN Langgar UU Ketenagakerjaan


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH