PLN Gelar Mudik Gratis 2023, Berikut Syarat dan Dokumen yang Harus Dilengkapi

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 31 Maret 2023
PLN Gelar Mudik Gratis 2023, Berikut Syarat dan Dokumen yang Harus Dilengkapi
Sejumlah pemudik kereta api mengantre masuk ke dalam kereta api di Stasiun Kertapati, Palembang, Sabtu (11/7). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

MerahPutih.com - Momentum Hari Raya Idul Fitri dimanfaatkan oleh perusahaan swasta, pemerintah atau BUMN untuk menggelar mudik gratis.

Salah satu BUMN yang mengadakan program mudik gratis adalah Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Baca Juga

DPR Ingatkan Pemerintah Antisipasi Kemacetan di Jalur Mudik Lebaran 2023

PLN bekerja sama dengan Kementerian BUMN menggelar kegiatan Mudik Gratis dengan menyediakan kuota sebanyak 10.000 penumpang.

Pendaftaran dibuka untuk dua tahap, yakni tahap I dari 29-31 Maret dan tahap II 5-7 April 2023 melalui aplikasi PLN Mobile.

Keberangkatan mudik gratis menyasar warga sekitar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) serta beberapa kota besar lain, di antaranya Bandung, Surabaya, dan Bali.

Tanggal keberangkatan mulai 18 April 2023, dengan iujuan kota-kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bandar Lampung, dan Palembang.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan, mudik gratis PLN ini bertujuan membantu masyarakat mudik dengan aman, nyaman, dan lebih ramah lingkungan.

Selain itu, lanjut Darmawan, Mudik Gratis ini guna mengalihkan pengguna kendaraan pribadi khususnya sepeda motor ke kendaraan umum yang memenuhi standar keselamatan.

Baca Juga

Harga Tiket Bus di Jogja Diprediksi Naik Saat Mudik Lebaran

Ada sejumlah syarat untuk bisa mengikuti program Mudik Gratis PLN ini antara lain data identitas diri yakni KTP, Kartu Keluarga (KK), dan akte kelahiran/kartu pelajar/kartu identitas anak.

Berikut mekanisme pendaftaran peserta Mudik Bersama PLN 2023:

1. Peserta belum pernah mendaftar program mudik gratis di Kementerian BUMN atau instansi manapun. Pendaftaran dilakukan melalui PLN Mobile.

2. Peserta wajib mengisi data diri sesuai dokumen yang dilampirkan yaitu KTP (untuk individu) dan KK (untuk keluarga), satu KK maksimal 4 orang.

3. Setiap peserta harus mentransfer uang jaminan sebesar Rp 100.000/orang. Uang tersebut akan dikembalikan menjelang keberangkatan.

4. Namun, uang jaminan tidak dapat dikembalikan jika peserta membatalkan keberangkatan. Pemudik balita terhitung 1 kursi dan wajib melampirkan akta kelahiran.

5. Tahapan pendaftaran akan ditutup ketika kuota telah terpenuhi. Jika kuota terpenuhi, maka pendaftaran bisa ditutup sewaktu-waktu dan akan diumumkan sebelum batas waktu yang ditentukan. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi panitia di nomor 0813-8911-2628 (WA only). (Asp)

Baca Juga

Ditlantas Polda Metro Sediakan 20 Ribu Kuota Mudik Gratis

#Mudik Gratis #PLN
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan