PlayStation 5 Vs Xbox Series X, Mana yang Terbaik? Keduanya sangat ditunggu-tunggu. (Foto: Screenrant)

LAGI bingung mau beli konsol Playstation 5 atu Xbox Series X? Jangan buru-buru. Ketahui dulu nih kelebihan dan kekurangan dari kedua konsol tersebut. Cari tahu dulu mengenai spesifikasi, desain bodi, pengontrol, gim eksklusif, dan tentunya harga.

Sony dan Microsoft konon sedang perang konsol untuk memberikan pengalaman menarik bagi para pemain. Lalu, lebih baik mana antara PS 5 dan Xbox Series X?

Baca juga:

Dari Kamera Hingga Charging Station, Ini 4 Aksesoris PS 5 yang Wajib Dimiliki

Kedua konsol ini sama-sama memiliki CPU AMD Zen 2 8-core dengan grafis Navi. Namun, perbedaan kecepatan prosesor keduanya ini berbeda, PS 5 mencapai 3,5 Ghz. Sementara Xbox Series X unggul dengan kecepatan 3,8 8 Ghz.

Memiliki bentuk desain yang berbeda. (Foto: Tom's Guide)

Persamaan lainnya adalah GPU yang digunakan, yakni AMD Radeon RDNA 2. Xbox Series X kembali unggul karena mampu beroperasi hingga 12 teraflops, sedangkan PS 5 mencapai 10.3 teraflops.

Agar pengalaman gim mu terhindar dari 'patah-patah', Sony membekali PS 5 dengan 16 GB RAM GDDR6. Sementara Microsoft membekali Xbox Series X dengan RAM 16 GB GDDR6.

Untuk kuantitas, kamu hanya bisa menyimpan gim di PS 5 mencapai 825 GB saja. Untuk Xbox Series, kamu bisa menyimpannya dengan puas karena dibekali dengan 1 TB NVMe SSD. Kedua konsol ini sudah mendukung resolusi 4K dengan dukungan hingga 8K, dan frame rate 120 fps. Dijamin, bermain gim jadi semakin betah.

Hadir dengan penawaran spesifikasi yang berkelas. (Foto: Eurogamer)

Mengutip Screenrant, Kepala Desain Arsitektur PS 5 Mark Cerny mengatakan PS 5 menggunakan teknologi audio 3D. Fitur ini dapat meningkatkan level audio ketika bermain gim. PS 5 kembali unggul di SSD karena memiliki kecepatan 5,5 GB per detik. Xbox Series X berada di kisaran 2,5 GB per detik.

Baca juga:

Ini Harga PS5 dan PS5 Digital Edition yang Terkuak di Amazon Prancis

PS 5 mungkin memiliki desain bodi unik dengan cangkang putihnya yang futuristik. Bodi tersebut juga sudah dilengkapi dengan port USB yang besar. Sedangkan bodi Xbox Series X disebut-sebut sebagai 'kulkas mini' hitam. Terlepas dari itu, desain terbaru Xbox meningkatkan hype untuk konsol generasi berikutnya.

Pengontrol adalah salah satu aspek terpenting dari sebuah konsol karena paling banyak berinteraksi dengan pemain. Pengontrol Xbox Series X mengambil langkah aman dengan mereplikasi pengontrol Xbox One.

Bagian D-pad terlihat sedikit berbeda dan terdapat peningkatan kecil lainnya, seperti kemampuan untuk memasangkan pengontrol dengan cepat ke perangkat komputer atau gawai.

Pengontrol PS 5 dan Xbox Series X. (Foto: Screenrant)

PS 5 hadir dengan DualSense yang memiliki tampilan baru dan unik dibandingkan sebelumnya. Pengontrol didesain warna putih yang menjadi trademark PlayStation selama 25 tahun mengabdi di industri video gim.

PS 5 mendukung sejumlah gim eksklusif terbaik di seri sebelumnya, yakni PS 4. Beberapa akan dirilis tahun ini, seperti The Last of Us 2 dan Ghost of Tsushima. PS 5 juga akan menghadirkan God of War, Horizon Zero Dawn, dan Marvel Spider-Man.

Di lain sisi Xbox memiliki layanan Xbox Games Pass dengan biaya sekitar USD10 atau sekitar Rp145 ribu per bulan yang membuat pemain memiliki akses ke lebih dari 100 gim.

Jadi, sobat Merah Putih mau beli konsol apa? (and)

Baca juga:

Tidak Hanya Jualan Ayam, KFC Buat Konsol Game Menyaingi PS5


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo