Platform Rewards Blockchain Ini Dukung Optimalisasi Pengembang dan Pemain Game Indonesia

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Minggu, 13 Mei 2018
Platform Rewards Blockchain Ini Dukung Optimalisasi Pengembang dan Pemain Game Indonesia
Mfun membuat gamer menikmati reward saat bermain game (Foto: Istimewa)

SEBUAH platform rewards blockchain telah memperkenalkan kehadiran mereka di Indonesia. Dengan misi membangun ekosistem terbuka dan tepercaya bagi pengembang gim dan aplikasi Indonesia. Platform Mfun rewards blockchain akan memberikan imbalan atas waktu dan uang yang telah dikelaurkan pengguna aplikasi gim serta pengembang gim.

Selain itu, Mfun juga akan melakukan efisiensi dengan melewati atau memotong rantai perantara, serta makin efektif dalam meningkatkan minat jumlah penggunanya. Dengan begitu, Mfun turut membangun ekosistem bagi para penggunanya.

Peluncuran tersebut dilakukan beberapa waktu lalu. Bersamaan dengan peluncurannya, Mfun juga mengumumkan telah bermitra dengan pengembang gim terkemuka Indonesia, Agate, media gim Duniaku.net, dan aplikasi sosial Yogrt. Kemitraan itu akan memberikan keuntangan kepada para pemain gim. Amat mungkin lebih dari 20 juta gamers memiliki peluang untuk mendapatkan rewards dalam bentuk cryptocurrency-token Mfun.

Token Mfun dapat digunakan sebagai alat pembelian lewat aplikasi (in-app purchase) di berbagai gim dalam platform Mfun. Beruntungnya, reward ini dipastikan akan menarik pengguna untuk mencoba sejumlah gim terbaru dari pengebang gim lokal. Terutama yang ingin mengurangi pengeluaran iklan yang kurang efektif.

Co-Founder Mfun, Brian Fan, mengatakan pengembang gim lokal kerap menghabiskan modal yang kurang efektif. Pasalnya, modal itu digunakan untuk beriklan di berbagai platform media sosial tanpa adanya imbal balik menguntungkan. Dampaknya, pengembangan gim baru sulit dilakukan sehingga bersaing dengan pengembang luar negeri semakin sulit.

Padahal, Indonesia merupakan pasar terbesar di Asia Tenggara untuk usual gaming dengan nilai fantastis mencapai US$ 500 juta. Namun, kontribusi pengembang gim yang diberikan hanya sebesar 1,8% terhadap industri gim. "Ini disebabkan ekosistem yang belum optimal dalam mendukung mereka untuk berkembang," jelas Brian.

(Foto: Istimewa)

Karena itulah, Mfun hadir sebagai platform yang bisa memangkas pengeluaran untuk promosi dan biaya-biaya pihak ketiga yang tidak efektif. Di saat yang sama, Manajer Operasional Asosiasi Game Indonesia (AGI) Jan Faris Majd mengakui tingginya biaya juga menjadi tantangan pengembang gim lokal untuk mendapatkan keuntungan mengembangkan gim baru.

Karenanya, dengan keberadaan Indonesia sebagai negara dengan pertumbuhan pasar gaming tercepat di dunia, dibutuhkan beragam upaya strategis untuk makin mendukung pertumbuhan industri gim lokal. "Menjadikan pengembang lokal makin berdaya, kompetitif, dan berhasil mengembangkan bisnisnya menjadi kunci penting dalam menguatkan ekonomi digital," tutur Faris.

Mfun akan meluncurkan platform mereka secara progresif mulai kuartal keempat 2018. Peluncuran platform tersebut seiring dengan makin banyaknya pengembang dan publisher gim di Indonesia yang diharapkan bergabung di ekosistem ini.

Ricky Setiawan, CEO Duniaku.net, mengatakan pendekatan baru yang dibawa Mfun diharapkan akan dapat meningkatkan pertumbuhan industri gim di Indonesia lebih jauh lagi. Pasalnya, platform yang disuguhkan memiliki cara baru dalam bekerja sama dengan pengembang gim, publisher, dan gamer. “Kami sangat antusias dan menyambut baik kerja sama dengan Mfun," imbuh Ricky.

Selain itu, Ricky menambahkan, pasar gim Indoensia semakin besar setiap tahunya sejak 2015. Sayangnya, peningkatan itu belum dimanfaatkan secara maksimal. Untuk itu, Mfun membantu pengembang lokal untuk mendapatkan lebih banyak porsi pendapatan dengan metode monetisasi yang lebih aman dan menyenangkan untuk pengguna. "Ada kenaikan hampir 4 kali lipat," paparnya.

Mfun merupakan sebuah platform rewards blockchain untuk gamers di kawasan Asia Tenggara. Mfun membuat gamer menikmati reward selama mereka bermain gim favorit mereka. Pemain mendapatkan reward atas waktu dan uang yang mereka belanjakan saat bermain gim. Reward tersebut dapat digunakan untuk melakukan pembelian langsung melalui aplikasi di semua gim yang tersedia di platform. (Ikh)

Baca juga artikel Asosiasi Blockchain Indonesia Bermisi Kenalkan Teknologi Paling Aman untuk Indonesia

Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan