Platform Pelatihan Bahasa Inggris Dukung Keterampilan SDM Pariwisata Indonesia

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Sabtu, 02 Juli 2022
Platform Pelatihan Bahasa Inggris Dukung Keterampilan SDM Pariwisata Indonesia
ELSA Speak berkontribusi lewat kerja sama dengan berbagai pihak. (Foto: Unsplash/Headway)

KONDISI pariwisata Indonesia diharapkan terus berkembang di tengah pandemi COVID-19 ini. Oleh karena itu, platform pelatihan bahasa Inggris English Learning Speech Assistant (ELSA) Speak berkontribusi lewat kerja sama dengan hotel dan lembaga pelatihan hospitality.

Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris sumber daya manusia (SDM) pariwisata sebagai bentuk dukungan terhadap pemulihan sektor pariwisata di Indonesia. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) 2020 mengatakan ada sekitar 409 ribu tenaga kerja di sektor pariwisata kehilangan pekerjaan akibat pandemi COVID-19.

Untuk mendukung pemulihan sektor pariwisata, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Keratif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) aktif mengembangkan inovasi strategi pembangunan dan pengembangan, baik dari sisi saran dan prasarana maupun SDM untuk keberlangsungan industri pariwisata.

Baca juga:

Pariwisata Indonesia Diharapkan Meningkat di 2022

Platform Pelatihan Bahasa Inggris Dukung Keterampilan SDM Pariwisata Indonesia
Diharapkan dapat membangkitkan pariwisata Indonesia. (Foto: Unsplash/Killian Pham)

Dengan demikian, pendidikan dan pelatihan di bidang pariwisata memberikan kontribusi yang sangat besar dalam menciptakan SDM pariwisata yang andal dan profesional.

Pihak ELSA Speak berkolaborasi dengan beberapa hotel di Indonesia, seperti Avenze Hotel dan Vasa Hotel Surabaya, serta lembaga pelatihan hospitality Bina Mutu Bangsa. Komitmen ini sudah berjalan dan telah diikuti lebih dari ratusan karyawan di industri hospitality dan secara bertahap akan terus bertambah.

Country Manager ELSA Speak Indonesia Yasser Muhammad Syaiful mengatakan, sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang sangat terdampak dengan adanya pandemi COVID-19. Karena itu, untuk pemulihan sektor pariwisata membutuhkan persiapan yang sangat matang, termasuk kesiapan SDM pariwisata sebagai penggerak.

Baca juga:

Inovasi, Adaptasi, dan Kolaborasi Jadi Kunci Perkembangan Pariwisata

Platform Pelatihan Bahasa Inggris Dukung Keterampilan SDM Pariwisata Indonesia
Bahasa Inggris menjadi salah satu faktor penting majunya pariwisata Indonesia. (Foto: Unsplash/Kenny Eliason)

"Dengan demikian, langkah strategis kami melalui pelatihan dan pendidikan bahasa Inggris kepada SDM pariwisata dilakukan sebagai bentuk upaya kami dalam mendukung kemajuan pariwisata di Indonesia," kata Muhammad Syaiful, dalam siaran pers yang diterima Merahputih.com, Kamis (30/6).

Di era saat ini, bahasa Inggris merupakan bahasa yang universal yang dapat digunakan untuk memajukan pariwisata di Indonesia. Langkah yang dilakukan ini diharapkan mampu meningkatkan potensi terbaik pariwisata Indonesia sehingga dapat berkontribusi pada peningkatan perekonomian negara.

"Untuk jangka panjang, majunya pariwisata Indonesia melalui kemampuan bahasa Inggris tidak hanya akan menguntungkan dari segi ekonomi, tentunya akan membawa kebiasaan baik kepada masyarakat di luar sektor pariwisata untuk semakin semangat dalam meningkatkan keterampilan bahasa Inggris," tutup CEO Bina Mutu Bangsa Adjie Gumelar. (and)

Baca juga:

Pentingnya Keterampilan Bahasa bagi Pelaku Pariwisata

#Pendidikan
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan