Plat Jembatan Ampera Retak di 6.000 Titik, Pemicunya Bikin Malu

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Selasa, 22 Mei 2018
Plat Jembatan Ampera Retak di 6.000 Titik, Pemicunya Bikin Malu
Pemandangan Jembatan Ampera dari tepian Sungai Musi (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

MerahPutih.com - Plat lantai Jembatan Ampera, Palembang, diketahui mengalami retak di 6.000 titik jelang pelaksanaan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang Agustus mendatang. Temuan ini berdasarkan hasil pengecekan rutin yang dilakukan Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Wilayah V.

Pejabat Pembuat Komitmen Jembatan Metropolitan BBPJN Wilayah V Suwarno menjelaskan keretakan pada bagian plat lantai jembatan ini sejatinya tidak menimbulkan masalah ataupun ancaman besar bagi struktur jembatan.

Restoran di Pinggir Sungai Musi
Suasana restoran di pinggir Sungai Musi, Palembang (Foto: unsri.ac.id)

Hanya saja, Suwarno tak menyangkal jika tidak segera diperbaiki maka plat lantai jembatan bisa jebol dan akan membutuhkan biaya yang lebih besar untuk perbaikannya.

"Sekarang pun akan kita ambil langkah cepat. Perbaikan berupa proses injeksi anti gravitasi di bagian plat lantai jembatan," kata dia, di Palembang, Selasa (22/5).

Diperbaiki Usai Asian Games

Proses injeksi ini dilakukan dengan penyuntikan semen khusus plat jembatan dari bagian bawah jembatan. Namun penyuntikan itu akan dilakukan seusai pelaksanaan Asian Games 2018 pada Agustus mendatang karena BBPJN saat ini fokus pada perbaikan dan pembenahan bagian atas jembatan Ampera. "Perbaikan plat lantai jembatan ini memakan waktu sekitar 3 bulan. Meski begitu, biayanya cukup besar yakni sekitar Rp8 miliar," kata dia.

Ampera
Jembatan Ampera Palembang. Foto: Antara

Perbaikan plat Jembatan Ampera memang rutin dilakukan setiap 4 tahun sekali, sebagaimana dilaporkan Antara. Pada 2014 lalu terdata terdapat sekitar 24.000 titik di plat lantai jembatan Ampera yang mengalami retak. Namun sudah diperbaiki. Begitupun pada 2010 lalu, terjadi keretakan pada plat lantai jembatan karena terjadinya kebakaran di Kelurahan 10 Ulu Palembang.

Dipicu Kebakaran Hingga Air Seni

Retaknya plat itu dipicu dipucu berbagai faktor, mulai dari kebakaran yang terjadi beberapa tahun lalu hingga karat dan aus karena faktor usia. "Beratnya beban yang ditahan jembatan ini juga berpengaruh menyebabkan cepat aus," tegas Suwarno.

Ilustrasi pipis
Ilustrasi. Foto: Thevarsity.ca

Sementara itu, Kepala BBPJN V, Zamharir Basuni menambahkan berkaratnya tiang penyangga Ampera ini disebabkan seringnya oknum masyarakat yang membuang air seni sembarangan. Saat tengah buang air kecil tersebut, mereka membuangnya tepat di tiang penyangga yang terbuat dari baja. Maka dari itu, pihaknya juga akan melakukan renovasi pada tiang-tiang penyangga ini.

Tak hanya perbaikan plat, Zamharir menambahkan untuk mempercantik akan dilakukan proses pengecetan ulang jembatan. Semua proses perbaikan jembatan Ampera ini ditargetkan akan selesai Desember 2018 mendatang dengan total anggaran mencapai Rp20 miliar. “Kita bisa lihat saat ini catnya sudah agak pudar, jadi akan kita cat kembali agar terlihat cantik dan indah,” tandas dia. (*)

#Jembatan Ampera #Asian Games 2018 #Palembang
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan