Plan Indonesia Tekankan Pentingnya Kesiapsiagaan Bencana untuk Anak Plan Indonesia mendesak program-program tentang kesiapsiagaan bencana melalui sekolah, lembaga-lembaga masyarakat. (Foto: YouTube/Sekretariat Presiden)

GEMPA bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, berkekuatan magnitudo 5,6 pada Senin (21/11) pukul 13.21 WIB mengakibatkan 103 orang meninggal. Banyak diantaranya adalah anak-anak yang saat kejadian sedang berada di sekolah, madrasah, dan pesantren.

Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia), organisasi yang berfokus pada pemenuhan hak anak, menyampaikan keprihatinannya dengan besarnya jumlah korban usia anak-anak dalam bencana gempa bumi Cianjur.

Menurut Dini Widiastuti, Direktur Eksekutif Plan Indonesia, jatuhnya korban dari anak-anak harus menjadi perhatian semua pihak agar lebih memperkuat implementasi program kesiapsiagaan bencana untuk anak.

Terlebih lagi, sebagian besar wilayah Indonesia rawan terjadi bencana alam seperti gempa bumi, banjir, kebakaran hutan, gunung meletus, dan lain sebagainya. Sedangkan, kejadian bencana dapat terjadi sewaktu-waktu.

Jika peristiwa terjadi pada pagi, siang, dan sore, anak-anak menjadi pihak paling rentan terdampak, termasuk kelompok difabel dan perempuan. Ini seperti terjadi dalam bencana gempa bumi di Cianjur, Senin lalu.

Baca juga:

Ilmuwan Melatih Tikus untuk Menyelamatkan Korban Gempa Bumi

gempa bumi cianjur
Jika peristiwa terjadi pada pagi, siang, dan sore, anak-anak menjadi pihak paling rentan terdampak, termasuk kelompok difabel dan perempuan. (Foto: YouTube/Sekretariat Presiden)

“Di area rawan bencana, seperti di Cianjur, pada jam 13.00, terutama di perdesaan, umumnya anak-anak sedang terkonsentrasi di sekolah-sekolah, madrasah, dan pesantren. Sedangkan, manula, difabel, dan perempuan, sedang berada rumah. Sementara, laki-laki di ladang, sawah, atau bekerja di luar ruang atau bangunan. Oleh karena itu, anak-anak, bersama difabel, manula, dan perempuan, menjadi lebih rawan terdampak,” kata Dini melalui keterangan tertulis kepada Merahputih.com.

Plan Indonesia mendesak program-program tentang kesiapsiagaan bencana melalui sekolah, lembaga-lembaga masyarakat, seperti karang taruna, makin diperkuat implementasinya oleh pemerintah, terutama di daerah yg teridentifikasi rawan bencana, seperti di Cianjur.

Selain itu penting dipastikan bahwa sekolah dan bangunan di daerah-daerah ini pun tahan bencana. Program urban nexus dan sekolah tangguh bencana, yang selama ini sudah banyak diinisiasi oleh berbagai lembaga sosial kemasyarakatan, termasuk Plan Indonesia, dapat menjadi prioritas di daerah rawan bencana dan direplikasi serta diperkuat pelaksanaannya oleh pemerintah.

Sebagai tindak tanggap atas bencana tersebut, Plan Indonesia telah menerjunkan tim pada hari Selasa (22/11) untuk menyalurkan bantuan awal sekaligus kaji cepat untuk memahami kebutuhan anak dalam situasi bencana.

Baca juga:

4 Kali Gempa Goyang Indonesia dalam Sehari

gempa cianjur anak-anak
Sebagian besar wilayah Indonesia rawan terjadi bencana alam seperti gempa bumi, banjir, kebakaran hutan, gunung meletus, dan lain sebagainya. (Foto: Youtube/Sekretariat Presiden)

“Pertama-tama, Plan Indonesia mengucapkan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada warga terdampak bencana gempa bumi yang berpusat di Cianjur ini, khususnya korban anak-anak. Sebagai lembaga yang berfokus kepada pemenuhan hak-hak anak dan kesetaraan bagi anak perempuan, kami turut bergerak untuk membantu warga terdampak bencana dengan menurunkan tim dan menyalurkan bantuan,” ujar Dini Widiastuti.

Bantuan cepat yang disalurkan antara lain, paket hygine kit untuk anak laki-laki, paket kebersihan dan kesehatan menstruasi untuk anak perempuan, serta makanan dan air mineral untuk anak dan keluarga terdampak.

Plan Indonesia akan mengidentifikasi dampak bencana dan kebutuhan mereka secara spesifik termasuk terhadap layanan pengasuhan untuk anak yang kehilangan pengasuh, layanan psikososial, hunian sementara yang ramah anak, pendidikan sementara selama pengungsian, layanan perlindungan anak dari kekerasan di situasi bencana, serta layanan mendasar lainnya seperti kebutuhan air bersih dan peralatan kebersihan diri.

Untuk meningkatkan bantuan bagi tanggap darurat, Plan Indonesia juga membuka pintu donasi bagi masyarakat yang ingin menyalurkan bantuan untuk korban anak dan keluarga yang terdampak bencana gempa bumi di Cianjur. Donasi tersebut dapat disalurkan melalui Bank Mandiri dengan no rekening 124-00-1288999-5, atas nama Plan International Indonesia.

Selain melalui rekening tersebut, Plan Indonesia juga berkolaborasi dengan komunitas Gelang Harapan atau HOPE yang diinisiasi oleh figur publik Wulan Guritno, Amanda Soekasah, dan Janna Soekasah Joesoef, untuk melakukan penggalangan bantuan melalui halaman crowdfunding yang nantinya akan disalurkan kepada masyarakat terdampak. (dru)

Baca juga:

Xiaomi Uji Coba Fitur Peringatan Gempa di Indonesia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Penggemar Galang Dana untuk Ulang Tahun Jaehyun NCT
ShowBiz
Penggemar Galang Dana untuk Ulang Tahun Jaehyun NCT

Upaya-upaya ini juga bermacam-macam wujudnya.

Pembayaran Elektronik Meningkat Selama Mudik Lebaran 2022
Fun
Pembayaran Elektronik Meningkat Selama Mudik Lebaran 2022

Euforia mudik kembali terasa di 2022 ini.

Mortal Kombat 12 Pasti Rilis
Fun
Mortal Kombat 12 Pasti Rilis

Mortal Kombat 12 sedang dalam penggarapan.

Suitcase Car, Inovasi Termungil Buatan Mazda
Fun
Suitcase Car, Inovasi Termungil Buatan Mazda

Mobilnya bisa dilipat menjadi sebuah koper.

Apple akan Merilis Headset AR/VR dalam Waktu Dekat?
Fun
Apple akan Merilis Headset AR/VR dalam Waktu Dekat?

Apple telah mendaftarkan merek dagang untuk headset VR.

Manfaat dan Risiko Diet Karnivora
Fun
Manfaat dan Risiko Diet Karnivora

Saat menjalani diet karnivora, kamu hanya diperbolehkan mengonsumsi makanan berbahan dasar daging atau makanan yang kaya akan protein dan lemak.

Balikan Sama Mantan Enggak Melulu Negatif, Ada Berkah di Dalamnya
Fun
Ed Sheeran Enggak Nyaman Bermedia Sosial
ShowBiz
Ed Sheeran Enggak Nyaman Bermedia Sosial

Sempat mengalami ketidakstabilan dalam kehidupan pribadinya.

Konser Terakhir Elton John Disiarkan Eksklusif di DisneyPlus
ShowBiz
Konser Terakhir Elton John Disiarkan Eksklusif di DisneyPlus

Konser ini sekaligus menjadi penghormatan untuk ikon musik serta karier legendaris dari Elton John.

Guess Comot Karya Seni Banksy tanpa Izin
Fashion
Guess Comot Karya Seni Banksy tanpa Izin

Menuai kecaman dari sang seniman.