PKS Undang Sandiaga Hingga Rocky Gerung Bahas Oposisi Pengusaha nasional Sandiaga Uno (tim humas Sandiaga)

Merahputih.com - Anggota Komisi II DPR Mardani Ali Sera mengundang pengusaha Sandiaga Uno dan akademisi Rocky Gerung di Ruang Abdul Muis Kompleks Parlemen RI, Senayan, Jakarta, Selasa (4/2). Keduanya diundang untuk membahas soal oposisi yang konstruktif.

Keduanya juga akan berbagi pengalaman dan pandangan terkait proses demokratisasi di Indonesia yang semakin mengarah ke demokrasi elitis.

Baca Juga

Rocky Gerung: Pembentukan Tim Teknis Kasus Novel Kedunguan Membongkar Konspirasi

"Indonesia semakin mengarah ke demokrasi elitis karena kuatnya koalisi pemerintah di eksekutif dan legislatif. Setelah pemilu 2019, kebanyakan partai justru merapat ke pemerintah. Padahal, demokrasi membutuhkan checks and balances," kata Mardani.

Pengamat Politik Rocky Gerung menilai masuknya jenderal polisi ke seleksi capim KPK tidak terlepas dari perintah Presiden Jokowi
Pengamat politik Rocky Gerung (MP/Ponco Sulaksono)

Anggota DPR dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu mengatakan ia pun telah menulis pandangannya tersebut di dalam buku #KamiOposisi.

Melalui bukunya tersebut, Mardani menjelaskan alasan mengapa demokrasi perlu oposisi. Salah satu alasannya, adalah agar tidak lahir parlemen jalanan seperti yang terjadi saat ini di berbagai negara di dunia.

Baca Juga

Polda Metro Jawab Kapan Giliran Rocky Gerung Tersangka

Keberadaan Sandiaga Uno dan Rocky Gerung diharapkan dapat memberi sudut pandang lainnya, agar periode kedua pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak mengarah dalam demokrasi elitis.

"Saya berharap kita kembali menghidupkan diskursus tentang bagaimana, apa yang harus kita pikirkan ke depan untuk terus meningkatkan kualitas demokrasi kita. Sehingga demokrasi kita menjadi substansial. Bukan demokrasi elitis," kata Mardani. (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH