PKS Solo Buka Pintu Lebar Dukung Gibran di Pilwakot Solo Asalkan Wakilnya Kader PKS Ketua Badan Pemenangan Pemilu dan Pemilukada DPD PKS Solo, Sugeng Riyanto, Rabu (6/11). (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Dewan Pimpinan Daerah (DPC) PKS Solo membuka pintu lebar untuk mendukung Gibran Rakabuming Raka di Pilwakot Solo 2020. PKS akan berkoalisi dengan PDIP jika Gibran duet dengan kader PKS yang menjabat sebagai Ketua DPD PKS Solo, Abdul Ghofar.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu dan Pemilukada DPD PKS Solo, Sugeng Riyanto megungkapkan PKS membuka pintu lebar berkoalisi dengan partai lain di Pilwakot Solo. Koalisi bersama PDIP sebagai partai penguasa di DPRD Solo periode 2019-2024 dengan 30 kursi bisa saja terjadi.

Baca Juga:

Gibran Bertemu Megawati Demi Rekomendasi Pilwalkot Solo, Pengamat: PDIP Bakal Pecah

"Kami hanya punya lima kursi di DPRD. Butuh tambahan empat kursi lagi untuk bisa mengusung cawali dan cawawali di Pilwakot Solo," ujar Sugeng, Rabu (6/10).

Gibran Rakabuming akan dicalonkan dari PKS
Gibran Rakabuming Raka, Selasa 5/11). (MP/Ismail)

Meski demikian, PKS bisa saja mendukung Gibran jika dapat rekomendasi dari DPP PDIP asalkan cawalinya dari kader PKS, Ghofar.

"Awalnya kami tidak melirik Gibran sama sekali di Pilwakot Solo. Seiring berjalannya waktu keadaan berubah, dari kader arus bawah mengusulkan Gibran diusung PKS di Pilwakot Solo," kata Sugeng.

Sugeng mengungkapkan Gibran merupakan sosok anak muda yang mewakili milenial. Melihat kiprah yang ditunjukkan Gibran sangat bagus untuk memajukan Solo lima tahun ke depan.

"Saya yakin akan ada gebrakan-gebrakan positif di Kota Solo yang bisa dibanggakan warga Solo," kata dia.

Atas dasar pertimbangan tersebut, DPD PKS memunculkan nama Ghofar sebagai pendamping Gibran di Pikwakot Solo. Kolaborasi keduanya sangat bagus dan cocok.

Baca Juga:

Gibran Temui Megawati, Ketua DPC PDIP Solo: Kader Bertemu Ketua Umum Itu Biasa

"Saat Jokowi-FX Hadi Rudyatmo maju di Pilwakot 2009, PKS mendukung calon PDP dan akhirnya menang. PKS dalam waktu dekakat akan melakukan PDKT ke PDIP untuk mematangkan wacana duet Gibran-Ghofar," pungkasnya.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

Diisukan Maju Lewat Jalur Independen, Gibran Klarifikasi ke Megawati



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH