PKS Sindir Gerindra, Ikhlas tidak Serahkan Kursi Wagub DKI Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi. (MP/Asropih)

MerahPutih.com - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyinggung keikhlasan Partai Gerindra mengenai hak jabatan Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta pengganti Sandiaga Uno.

Sebab, dari kesepakatan awal ketum Gerindra Prabowo Subianto telah menyerahkan kursi DKI 2 kepada PKS, namun secara mendadak Gerindra mengusulkan 4 figur kandidat Cawagub ke DPP PKS.

Baca Juga

Gerindra: Dua Nama Wagub DKI Milik PKS Harus Dievaluasi

Adapun empat nama anyar Gerindra yang diajukan jadi cawagub DKI, yakni Sekda DKI Jakarta Saefullah, Dewan Penasihat DPP Gerindra Arnes Lukman, Wakil Ketua Umum Gerindra Ferry J Yuliantoro, dan Ketua DPP Partai Gerindra Ariza Patria.

Menurut kader PKS, Abdurrahman Suhaimi, kondisi ini sama saja Gerindra mengoreksi keikhlasannya sendiri menyerahkan jabatan nomor dua di pemerintahan DKI ke PKS.

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari PKS Abdurrahman Suhaimi (Foto: pks.id)

"Meskipun sebelumnya ada pernyataan dari Gerindra sudah menyerahkan nama PKS, tapi nyatanya Gerindra juga mengajukan perubahan nama. Dari satu sisi kelihatan ikhlas, tapi nyatanya mengajukan nama," singgung Suhaimi saat dikonfirmasi, Selasa (19/11).

Baca Juga

PKS Ngebet Dapat Jatah Kursi Wagub DKI

Atas usulan nama baru ini, PKS dan Gerindra akan kembali melakukan lobi politik untuk menyepakati siapa sosok yang diusulkan ke DPRD. Apakah tetap dua nama seperti sebelumnya, atau komposisi satu nama asal Gerindra dan satu nama asal PKS.

Soal hasil dari lobi-lobi politik tersebut, Suhaimi menilai ada dua kondisi yang mungkin terjadi. Yakni, antara terbelahnya pendapat soal hak wagub DKI, atau tetap satu suara.

"Terbelah atau satu suara," tutup Suhaimi.

Sebelumnya, Gerindra mengusulkan empat nama baru ke DPP PKS untuk jadi kandidat Wagub DKI. Hal ini dilakukan lantaran dua nama yang diajukan PKS sejak awal, alami kebuntuan di DPRD DKI.

Baca Juga

PDIP Sebut Dua Nama Calon Wagub DKI Bentuk Kesepahaman PKS-Gerindra

Dua nama PKS yang sudah disodorkan ke DPRD DKI yakni, Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu.

"Benar. Makanya kita usulkan ke PKS. Hasil informasi intenal Gerindra, kemarin dua nama macet," kata Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta M. Taufik, saat dikonfirmasi, Kamis (7/11). (Asp)

Kredit : asropih


Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH