PKS Nilai Tiga Menteri Ini Layak Di-reshuffle Presiden Joko Widodo (kedua kanan) tiba di ruangan untuk memimpin Sidang Kabinet Paripurna di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (22/6). (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

MerahPutih.com - Wakil Sekertaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera menilai, saat ini adalah waktu yang tepat untuk Presiden Joko Widodo melakukan perombakan kabinet atau reshuffle.

Menurutnya, ada tiga pos kementerian yang kinerjanya kurang memuaskan. Yakni, Kementerian Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam), Kementerian Koordinator Perekonomian (Kemenko) dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

"Ketiga kementerian tersebut yang harus dilakukan perombakan segera mungkin," tegas Mardani saat dihubungi di Jakarta, Jumat (14/7).

Menurut Mardani, Menko Polhukam tidak mampu melakukan komunikasi politik yang baik selama memimpin.

Hal tersebut merujuk pada persoalan Undang-Undang Pemilihan Umum (Pemilu) yang belum rampung dibahas oleh pemerintah dan DPR.

"Kalau pemerintah berperan dengan baik dan melakukan komunikasi politik maka bisa cepat selesai," jelasnya.

Mardani juga menyoroti minimnya peran Menko Polhukam dalam menggaet investor asing yang ingin menanamkan modal di dalam negeri.

"Perizinan penanaman modal memang harus lebih dipermudah. Jangan ada urusan yang berbelit-belit yang pada akhirnya membuat investor kabur," tukasnya.

Mardani juga meminta para menteri di Kabinet Kerja untuk fokus mengemban tugas dalam rangka mensejahterakan rakyat. Ia mengkritik langkah menteri yang selama ini hanya melakukan pencitraan dan bekerja tak maksimal.

"Amanat menteri itu sangat berat. Ada dua ratus lima puluh juta orang Indonesia yang bergantung kepada kebijakan yang baik dari setiap kementerian. Jadi bekerja yang lurus dan tidak korupsi. Jangan tidur saja," ungkapnya.

"Nilai merah untuk ketiganya. Presiden harus segera bertindak," pungkas Mardani. (Pon)

Berita lainnya tentang isu reshuffle Kabinet Kerja baca juga: Usai Diperiksa KPK, Mendes Mengaku Siap Di-Reshuffle



Zulfikar Sy

YOU MAY ALSO LIKE