PKS Minta Seleksi Sekda DKI Jangan Ada Campur Tangan Politik

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 09 Desember 2022
PKS Minta Seleksi Sekda DKI Jangan Ada Campur Tangan Politik
Anggota DPRD DKI Jakarta, Muhammad Taufik Zoelkifli. Foto: DPRD DKI Jakarta

MerahPutih.com - Posisi Sekretaris Daerah (Sekda) DKI kosong sesuai ditinggal Marullah Matali yang dilantik menjadi Deputi Gubernur Bidang Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi DKI Jakarta. Kini, Pemprov DKI tengah mempersiapkan lelang jabatan untuk mencari pengganti Marullah.

Menyikapi hal itu, Sekretaris Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Muhammad Taufik Zoelkifli meminta kepada Penjabat (Pj) Heru Budi Hartono untuk menjalankan proses ini secara profesional tanpa adanya campur tangan politik.

Baca Juga

M Taufik Sebut Pj DKI 1 Langgar UU ASN Copot Marullah Matali dari Sekda DKI

"Kita enggak minta apa-apa ya. Terserah aja Penjabat Gubernur. Tapi semuanya harus sesuai dengan peraturan yang ada dan sedapat mungkin itu yang profesional dalam arti bahwa tidak terlalu banyak campur tangan politik. Kira-kira gitu lah," ujar Taufik saat dihubungi, Kamis (8/12).

Menurut Taufik, hal tersebut sangatlah penting untuk diperhatikan, mengingat sebentar lagi memasuki tahun politik.

"Dari awal kami menyadari bahwa tahun 2023, 2024, ini kan nanti menuju Pemilu 2024," ucapnya.

Kemudian, dalam proses lelang, panitia seleksi nantinya akan menyaring tiga nama calon Sekda yang dianggap dapat memenuhi kriteria dan juga lolos tahapan tes. Kemudian, ketiga nama tersebut akan dibawa ke Jokowi untuk dipilih.

Baca Juga

Pj DKI 1 Lantik Marullah Matali Jadi Deputi Gubernur DKI Jakarta

Maka dari itu, Taufik mengingatkan Pj Heru untuk bersikap netral dalam memilih pejabat PNS yang telah disaring sebagai calon-calon Sekda DKI. Lalu, calon Sekda DKI juga harus tetap bersikap independen ketika terpilih.

"Jadi, itu untuk Penjabat Gubernur aja seperti itu, berarti untuk yang lainnya sama ya. Jadi profesional aja lah sebagai birokrat yaa, orang yang memang pegawai negeri yang memang ditugaskan untuk mengurus Jakarta," tuturnya.

Tak hanya itu, Taufik juga meminta ketika proses lelang jabatan nanti Sekda DKI sudah berpengalaman atau orang dari jajaran lingkungan Pemprov DKI.

"Tapi sebaiknya orang yang sudah berpengalaman dalam pemda DKI Jakarta, saya rasa begitu," pungkas Taufik. (Asp)

Baca Juga

Pelantikan Marullah Jadi Deputi untuk Bantu Gubernur dalam Skala Besar

#Pemprov DKI
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan