PKS Lobi Seluruh Fraksi di DPR Setujui Pembentukan Pansus Jiwasraya Anggota Komisi XI DPR dari Fraksi PKS Anis Byarwati (donny/PKSFoto)

MerahPutih.com - Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) di DPR secara resmi telah menggulirkan pembentukan Pantia Khusus (Pansus) terkait kasus gagal bayar polis asuransi nasabah PT Jiwasraya (Persero).

Usulan tersebut disampaikan F-PKS dalam Rapat Paripurna ke 7 DPR dengan agenda Pembukaan Masa Persidangan II Tahun Sidang 2019-2020 pada Senin (13/1). Kemudian pada Rabu (15/1), sebanyak 50 anggota F-PKS menandatangani usulan hak angket pembentukan Pansus tersebut.

Baca Juga

Demokrat: Sudah Sepatutnya Para Rampok Jiwasraya Dimiskinkan

"Ini digulirkan secara resmi dalam Rapat Paripurna. Jadi satu situasi dimana seluruh anggota DPR mendengar bahwa PKS secara resmi mengusulkan Pansus," kata Anggota Komisi XI DPR dari Fraksi PKS Anis Byarwati di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (18/1).

"Setelah itu, dua hari kemudian, hari Rabu, seluruh anggota F-PKS menandatangani, 50 orang menandatangani usulan hak angket pembentukan Pansus," sambungnya.

Acara Serap Aspirasi bersama Anggota DPR RI Fraksi PKS Anis Byarwati, Jakarta, Rabu (25/12/2019)
Acara Serap Aspirasi bersama Anggota DPR RI Fraksi PKS Anis Byarwati, Jakarta, Rabu (25/12/2019)

Namun demikian, Anis menyebut Pansus tidak akan terbentuk jika hanya didorong oleh satu fraksi.

"Harus ada lebih dari satu fraksi yang mengusulkan secara resmi. Tidak cukup hanya dari satu fraksi, Pansus harus lintas fraksi," ucap dia.

Baca Juga

Bamsoet Prihatin Kasus Jiwasraya dan Asabri Diotaki Pimpinan Manajemennya

Karenanya, ia mengaku saat ini F-PKS terus melakukan lobi dengan fraksi lain di DPR agar menyetujui usulan pembentukan Pansus Jiwasraya.

"Lobi-lobi baik dilakukan oleh PKS sendiri melalui presidennya (PKS-Sohibul Iman), pimpinan dan juga fraksi untuk melobi partai lain agar bisa (setuju pembentukan Pansus)," ujarnya.

"Ini yang terus kita gulirkan. Tidak mudah tapi harus terus dilakukan. Karena kalau tidak ada partai yang melakukan itu, bagaimana?" tandasnya.

Sejauh ini, lanjut Anis, informasi yang beredar menyebutkan bahwa sudah ada lima fraksi yang mendukung wacana pembentukan Pansus untuk menyelesaikan masalah yang membelit asuransi plat merah itu.

"Dalam pembicaraan informal ada lima fraksi yang sudah setuju untuk Pansus. Karena kasus ini nggak bisa dibiarkan. Makanya kita akan terus berjuang," jelasnya.

Baca Juga

Buntut Kasus Dugaan Korupsi Jiwasraya, OJK Diminta Terlibat Seleksi Bos Asuransi

Saat ditanya soal nama-nama fraksi yang mendukung dibentuknya Pansus Jiwasraya, Anis menjawab "Ini bukan saya yang ngomong tapi dari pimpinan DPR, Pak Dasco (Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad), di antaranya Demokrat kemudian Gerindra, yang lainnya saya lupa, yang jelas PKS." pungkasnya. (Knu)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH