PKS: Jokowi dan Mega Pernah Menyebut Pribumi, Kenapa Anies Dipermasalahkan?

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Selasa, 17 Oktober 2017
PKS: Jokowi dan Mega Pernah Menyebut Pribumi, Kenapa Anies Dipermasalahkan?
Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid. (MP/Fadhli)

MerahPutih.com - Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid tak mempersoalkan pidato Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menggunakan istilah pribumi dan non pribumi di Balai Kota Jakarta, Senin (16/10) malam.

Hidayat mengungkapkan, Anies bukanlah pejabat atau tokoh nasional yang pertama menggunakan istilah tersebut. Menurutnya, Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri juga pernah menggunakan kata pribumi dalam pidatonya.

"Pak Jokowi juga bicara pribumi, bu Mega juga pidato tentang pribumi dalam konten yang positif. Jadi, mestinya permasalahan seperti ini dudukan dan diproporsionalkan. Ditanyakan pada pak Anies apa yang dimaksudkan," kata Hidayat di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (17/10).

Menurut Hidayat, pidato Anies tidak dimaksudkan untuk mendikotomi antara pribumi dan non pribumi. Karena itu, dia menolak anggapan sejumlah pihak yang menyebut pidato tersebut kental dengan unsur rasial.

"Karena semangat besar beliau, justru beliau ingin menjadi pemimpin untuk semuanya. Beliau ingin menghadirkan rekonsiliasi, tentu karenanya pernyataan itu tidak dalam konteks memecah belah," jelas dia.

Hidayat mengaku heran, peryataan Jokowi dan Megawati yang juga menyinggung soal pribumi tidak pernah dipermasalahkan. Sedangkan, pernyataan Anies justru dituding dapat memecah belah bangsa.

"Pak Jokowi ketika bicara tentang masalah lapangan pekerjaan untuk pribumi, juga yang disampaikan bu Mega tentang pribumi. Apakah pak Jokowi dan bu Mega akan memecah belah bangsa? Kalau beliau tidak, terus kenapa pak Anies dikatakan akan memecah belah," tegasnya.

Politisi PKS ini meminta agar pernyataan Anies tidak dijadikan polemik dan dipahami secara utuh. Sama halnya dengan ketika pidato Megawati dan Jokowi yang tidak dipermasalahkan.

"Sekalipun memang akan lebih bijak kalau kemudian beliau segera menjelaskan apa yang dimaksud dengan pernyataan ini, sebagaimana juga mungkin pak Jokowi dan bu Mega diminta untuk menjelaskan mengapa beliau ngomong tentang pribumi," pungkasnya. (Pon)

baca berita terkait Anies-Sandi yang lain di: Anies Pun Memberikan Penjelasan Soal Pidato Pribumi, Katanya...

#Anies Baswedan #Hidayat Nur Wahid
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan