PKS Ingatkan Pertamina Jangan Main-Main soal Kilang Minyak

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 15 November 2021
PKS Ingatkan Pertamina Jangan Main-Main soal Kilang Minyak
Sekjen DPP PKS Habib Aboe Bakar Al Habsyi. (Foto: MP/Asropih)

MerahPutih.com - Sudah dua kali dalam satu tahun kilang minyak milik Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat terbakar. Pada 29 Maret lalu, kilang minyak tersebut juga terbakar hebat. Teranyar, Sabtu (13/11) malam tadi tangki minyak meledak.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menilai, peristiwa ini mesti jadi bahan evaluasi menyeluruh dari kinerja internal PT Pertamina. Sehingga ke depannya, tidak terjadi lagi insiden serupa.

"Pertamina harus mengaudit itu. Dan kalau ada yang gak becus, ganti orangnya. Jangan main-main," kata Sekjen DPP PKS Habib Aboe Bakar Al Habsyi usai menghadiri Sekolah Cinta Indonesia dengan tema "Semangat Pahlawan, Semangat Melayani, Sepenuh Khidmat" di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Minggu (14/11).

Baca Juga:

BMKG Ungkap Ada Dua Kali Petir saat Kebakaran Kilang Minyak di Cilacap

Terlebih anggota DPR Fraksi PKS ini meminta kepada keamanan negara untuk memberikan perhatian serius terhadap kilang minyak agar kejadian ini tidak terulang.

"Kilang minyak Pertamina di Cilacap saya pikir ini perlu ada perhatian serius dari Polri dalam masalah pengamanan," paparnya.

Pasalnya, kejadian ini sudah dua kali terjadi di tahun yang sama, maka perlu adanya keseriusan dari sumber daya manusia (SDM) dan Polri untuk mengamankan alat vital.

"Harus dipertanggungjawabkan. Perlu diaudit," tegas anggota DPR Komisi III ini.

Baca Juga:

Kebakaran Kilang Sering Terjadi, DPR Nilai Pertamina Tak Serius Lakukan Pembenahan

Meskipun kejadian itu masalah force major atau mungkin masalah kemanusiaan, tegas dia, tapi harus diatasi semua dengan tuntas.

"Itu gak mudah. Tolong dievaluasi dan diaudit. Di Pertamina juga, di SDM juga, di polisinya juga. Dan polisi harus mengaudit reskrim dengan baik apa masalah sebenarnya. Dan ditunggu secepatnya," pungkasnya. (Asp)

Baca Juga:

Pasokan Bahan Bakar Dijamin Tak Terganggu Pasca-kebakaran Kilang Minyak Cilacap

#Aboe Bakar Al-Habsy #PKS #Kilang Minyak
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan