PKS Dukung Anies Izinkan PKL Berjualan di Trotoar Anggota DPRD DKI Jakarta dari PKS Abdurrahman Suhaimi (Foto: pks.id)

MerahPutih.Com - Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD DKI Jakarta mendukung wacana Gubernur DKI Anies Baswedan yang mengizinkan pedagang kali lima (PKL) berjualan di trotoar Ibu Kota.

Tapi PKS meminta Anies untuk membuat aturan yang jelas.

Baca Juga:

Koalisi Pejalan Kaki Sebut Anies Salah Kaprah Sebut Putusan MA Kedaluwarsa

"Pertama yang penting itu soal penataan, yang penting itu adalah dalam kerangka penataan," kata Anggota DPRD DKI Jakarta, Abdurahman Suhaimi saat dihubungi, Kamis (5/9).

Kemudian, lanjut Suhaimi, wacana PKL mendapatkan ruang di tempat pejalan kaki tersebut tak menghapus fungsi dari trotoar yakni mengistimewakan para pejalan kaki untuk melintas.

Fraksi PKS dukung Anies izinkan PKL jual di trotoar
Abdurrahman Suhaimi dari Fraksi PKS dukung Anies izinkan PKL jualan di trotoar (MP/Asropih)

"Yang kedua tidak menghilangkan dari fungsi utamanya trotoar," tutur eks calon Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta.

Selanjutnya yang ketiga, Suhaimi menuturkan, perizinan PKL menempati trotoar tidak mengurangi tingkat keindahan kota Jakarta. Ia pun berharap adanya PKL di trotoar nantinya tak menambah kesemrawutan Ibu Kota.

"Ya berarti dari satu sisi itu dalam rangka penataan kemudian keindahan dan kebersihannya juga dijaga," jelas Suhaimi.

Suhaimi menegaskan, Partai pendukung Anies-Sandi Pilkada 2017 lalu tak mempersoalan rencana Anies yang memanjakan PKL menjajakan dagangan di trotoar. Ia pun menyakini bahwa langkah itu merupakan penataan trotoar di Jakarta.

"Saya kira tidak mengapa ketika itu dalam konteks penataan, dan pasti harus ada aturan sehingga yang diatur jadi rapi gitu," tutupnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pihaknya bakal memberikan izin kepada Pedagang Kaki Lima (PKL) untuk berjualan di trotoar Ibu Kota Jakarta.

Baca Juga:

Anies Tuding Volume Mobil Penyebab Kemacetan di Kawasan Revitalisasi Trotoar

Anies menyebut ada kentuan hukum yang mengatur PKL untuk diakomodir PKL di atas trotor salah satunya adalah Peraturan Menteri PUPR Nomor 3 Tahun 2014 tentang Pedoman Perencanaan Penyediaan dan Pemanfaatan Prasarana dan Sarana Jaringan Pejalan Kaki di Kawasan Perkotaan.

"Artinya kita itu jangan sampai berpandangan anti pada PKL berjualan, karena memang landasan hukumnya pun ada," ujar Anies di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu (4/9).(Asp)

Baca Juga:

Anies Izinkan PKL Berjualan di Trotoar, Koalisi Pejalan Kaki: Landasan Hukumnya Apa?

Kredit : asropih


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH