PKS DKI Bersikukuh Usung Anies jadi Capres 2024

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 24 Agustus 2022
PKS DKI Bersikukuh Usung Anies jadi Capres 2024
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: MP/Asropih)

MerahPutih.com - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DKI Jakarta semakin mantap memberikan dukungan kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan untuk maju sebagai calon presiden di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Sekretaris Majelis Pertimbangan Wilayah (MPW) PKS DKI Jakarta Muhammad Taufik Zoelkifli mengatakan, nama Anies berada di urutan teratas sosok capres pilihan kader. Hal itulah yang membuat partai dakwah ini merekomendasikan Anies ke DPP.

Baca Juga

Elektabilitas NasDem Naik jika Calonkan Anies dan AHY

"Kita menangkap usulan dari bawah, dari kader, dari masyarakat, dan memang salah satu yang paling kuat adalah nama Anies Baswedan untuk menjadi calon presiden yang bisa diusung oleh PKS," kata Taufik di Jakarta, Rabu (24/8).

Anggota DPRD DKI Jakarta ini mengungkapkan, keinginan mengusung Anies sebagai capres ini sejalan dengan sikap politik PKS dalam Pilkada DKI 2017 lalu. Ia pun mengklaim, kinerja Anies selama di Jakarta cukup baik dan layak diteruskan pada skala nasional.

"Kan kita yang mendukung, yang menyokong beliau di tahun 2017 sebagai gubernur dan kita nilai cukup berhasil Anies Baswedan membawa Jakarta ke arah perubahan yang lebih baik," ujar Taufik.

Baca Juga

Anies Minta Didoakan Husnul Khotimah Jelang Lengser dari Gubernur DKI

Sementara, terkait tokoh yang akan diusung sebagai calon wakil presiden mendampingi Anies, Taufik mengaku pihaknya berharap bisa diisi oleh kader internal PKS sendiri.

Hanya saja, hal itu belum tentu dapat terjadi. Mengingat, PKS membutuhkan partai lain untuk berkoalisi sehingga memenuhi ambang batas pencalonan presiden sebesar 20 persen kursi parlemen.

"Saat ini kan tidak bisa mencalonkan sendirian, tidak cukup 20 persen. Jadi, kemungkinan nanti kalau misalnya ada teman koalisi untuk mencapreskan Anies Baswedan, maka kita ngobrol dulu dengan teman-teman (partai lain)," pungkasnya. (Asp)

Baca Juga

Koalisi Warga Beri SP2 ke Anies, Tuntut 9 Permasalahan di Jakarta Diselesaikan

#Partai Keadilan Sejahtera (PKS) #Anies Baswedan
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan