PKS Desak Presiden Prancis Minta Maaf ke Umat Muslim Dunia

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Rabu, 04 November 2020
PKS Desak Presiden Prancis Minta Maaf ke Umat Muslim Dunia
Presiden Prancis Emmanuel Macron. (MINA/Net)

Merahputih.com - Ketua Fraksi PKS DPR, Jazuli Juwaini mendesak Presiden Prancis, Emmanuel Macron, segera menyampaikan permintaan maaf kepada umat Islam dunia.

Macron juga diminta mengubah sikap dan pandangannya yang melegalkan karikatur penghinaan terhadap Nabi Muhammad SAW. Hal ini bisa meredakan kegaduhan dan menjadi titik balik mempromosikan kedamaian dunia.

"Kegaduhan karikatur Nabi Muhammad bisa selesai jika Presiden Perancis, Emnanuel Macron, dengan besar hati meminta maaf kepada umat Islam dunia atas sikap dan pandangannya yang mendukung dan menguzinkan penyebaran karikatur penghinaan kepada Nabi Muhammad," kata Jazuli dalam keterangannya, Selasa (3/11).

Baca Juga

PKS Anggap Sikap Presiden Prancis Bisa Ganggu Perdamaian Dunia

Sebagai pemimpin negara modern, Macron seharusnya menghormati dan memedomani prinsip-prinsip HAM universal bahwa agama dan keyakinan merupakan hak asasi manusia yang harus dihormati dalam rangka menjaga ketertiban dan perdamaian dunia.

Untuk itu, setiap warga dunia harus mengembangkan sikap toleransi dan tidak menyinggung agama dan keyakinan lain.

"Kebebasan berekspresi selalu punya batasan yaitu penghormatan terhadap keyakinan dan tidak melukai perasaan umat lain," ujarnya.

Demo Protes Penyataan Presiden Prancis di Solo, Jawa Tengah. (Foto: MP/ Ismail).
Demo Protes Penyataan Presiden Prancis di Solo, Jawa Tengah. (Foto: MP/ Ismail)

Ia menilai ada perbedaan mendasar antara kebebasan dan kesengajaan untuk menghina, mengolok-olok dan merendahkan apalagi hal itu ditujukan kepada Nabi yang sangat dimuliakan oleh 1,9 miliar umat Islam dunia.

Juwaini yang merupakan wakil presiden Forum Parlemen Muslim Dunia itu menilai, Macron harusnya mencontoh sikap pemimpin dunia lainnya yang dengan tegas tidak akan mengizinkan penerbitan karikatur penghinaan kepada Nabi Muhammad seperti yang diekspresikan Presiden Rusia, Vladimir Putin, dan Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau.

Baca Juga

Jokowi Sebut Ucapan Presiden Prancis Bisa Memecah Belah Persatuan Umat Beragama

Tidak ada kebebasan yang tanpa batas, apalagi sampai melukai umat Islam dunia karena itu seharusnya Presiden Macron bersikap "gentlement" dengan meminta maaf kepada umat Islam dunia.

"Selanjutnya, mari promosikan ketertiban dan perdamaian dunia dengan mendukung kebebasan yang bertanggung jawab, yang tidak melukai umat Islam dunia dan umat agama manapun," tutup dia. (Pon)

#Prancis #Nabi Muhammad #Nabi Muhammad SAW #Karikatur Nabi Muhammad #Umat Muslim
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan