PKS Desak Gerindra Terima Opsi Anies Capres Gantikan Prabowo

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Senin, 09 Juli 2018
PKS Desak Gerindra Terima Opsi Anies Capres Gantikan Prabowo
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat mengusung Anies Baswedan dalam Pilkada DKI 2017 lalu. (MerahPutih/Dery Ridwansyah)

MerahPutih.com - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tetap bersikukuh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan lebih baik maju sebagai calon presiden (Capres) ketimbang hanya menjadi cawapres untuk Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto di Pilpres tahun depan.

PKS mengharapkan ada kesepakatan dan kelagawaan dari Gerindra untuk menerima usulan Anies sebagai capres. "Kami berharap ada kesepakatan dengan Gerindra," kata Direktur Pencapresan DPP PKS Suhud Alynudin saat dihubungi di Jakarta, Senin (9/7).

Suhud mengatakan DPP PKS mengajukan Anies sebagai calon presiden dan menyampaikan tawaran ke Partai Gerindra untuk bergabung. Namun kalau kesepakatan tidak dicapai dengan Gerindra, dia mengatakan PKS menyiapkan opsi lain.

Politikus PKS itu mengklaim partai koalisi setuju mendukung Anies mengikuti pemilihan presiden 2019. "Saya baca di media Pak Prabowo dalam pernyataannya sudah mengatakan legowo memberikan jalan buat Anies maju sebagai Capres di Pilpres 2019," ujar Suhud.

Anies
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (MP/Asropih)

Menurut Suhud, PKS telah mengusulkan pasangan Anies dan Ahmad Heryawan sebagai opsi yang sangat menjanjikan untuk melawan petahana dalam pemilihan presiden dan wakil presiden 2019. Alasannya, lanjut dia, Pilpres 2019 membutuhkan figur baru untuk melawan Joko Widodo selaku petahana.

Sikap PKS ini berbeda dengan pernyataan resmi mantan juru bicara Anies Baswedan-Sandiaga Uno, Anggawira. Menurut dia, Anies sudah menemui Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo untuk membicara soal pencapresan.
Anggawira mengatakan partai koalisi yang bersama Gerindra, yakni PKS dan PAN, sudah menerima Gubernur DKI Jakarta itu sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) Prabowo pada Pilpres mendatang.

“Insyaallah partai koalisi (Gerindra-PKS-PAN) sudah menerima Mas Anies untuk maju sebagai Cawapres Pak Prabowo. Partai koalisi mempertimbangkan apa yang berkembang di masyarakat akhir-akhir ini,” tandas Anggawira, dalam rilis yang diterima.

“Kemungkinan terbaik itu, ya Prabowo-Anies. Mas Anies adalah simbol Islam Kebangsaan yang cemerlang saat ini. Tentu Pak Prabowo memahami itu dan merestuinya,” imbuh pria yang menjabat Wakil Ketua Umum DPD Jabar Partai Gerindra ini.

Prabowo
Prabowo Subianto. (Facebook/Prabowo Subianto)

Namun, Anggawira pun mengatakan formasi terbaik itu akan dibicarakan lebih matang pada pertemuan selanjutnya antara Prabowo dengan partai koalisi. Sementara Anies, lanjutnya, siap menerima apapun keputusan yang akan dihasilkan.

Diketahui berdasarkan sejumlah survei, Anies merupakan Cawapres potensial, diantaranya survei yang dilakukan Pusat Kajian Pembangunan dan Pengelolaan Konflik (PUSPEK) FISIP Universitas Airlangga, Juni 2018 dan Saeful Mujani Research & Consulting (SMRC), Mei 2018. Kedua survei itu menyebutkan untuk tingkat keterterimaan sebagai Cawapres 2019, Anies berada pada posisi 5 besar.

Pada survei PUSPEK FISIP Universitas Airlangga ini pun menghasilkan pasangan calon presiden dan wakil presiden yang paling mampu bersaing dengan JOKOWI dan Cawapresnya adalah Prabowo-Anies. (*)

#Pilpres 2019 #Anies Baswedan
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan