PKL Bukan Pelaku Kriminal, Sandiaga: Satpol PP Jangan Kasar

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Kamis, 28 Desember 2017
PKL Bukan Pelaku Kriminal, Sandiaga: Satpol PP Jangan Kasar
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. (MP/Asropih)

MerahPutih.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno mengimbau kepada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) agar bisa menjadi pengayon pedagang kaki lima (PKL).

"Saya sampaikan kepada Satpol PP, beri mereka penataan, beri mereka penertiban yang manusiawi. Mereka yang ada trotoar itu diarahkan," ujar Sandiaga di Jakarta, Kamis (28/12).

Sandiaga menilai, para PKL itu bukan pelaku kriminal, sehingga tak pantas mendapat perlakuan kasar dari Satpol PP.

"Mereka tidak seperti konglomerat besar yang selalu meminta keringanan kiri-kanan, ngemplang pajak, tidak bayar pajak. Mereka ini (PKL) bertugas sehari-hari untuk menyiapkan nafkah mereka sendiri," kata Sandiaga.

Untuk itu, politisi Partai Gerindra tersebut mengingatkan kepada Satpol PP agar tidak bertindak represif kepada PKL yang biasa menjajakan dagang di atas trotoar. Sebab, kata Sandi, mereka memiliki peran untuk membantu perekonomian ibu kota Jakarta.

"Saya sampaikan, (Satpol PP) tidak boleh represif. Selama ini kita menyebut mereka PKL. Padahal mereka UKM juga. Mereka adalah usaha mikro, pedagang kecil mandiri. Memberikan lapangan kerja serta menggerakkan roda perekonomian," tandasnya. (Asp)

Baca berita terkait Sandiaga lainnya: Sandiaga: Satpol PP Jangan Bikin Malu

#Pedagang Kaki Lima #Satpol PP #Wakil Gubernur DKI Jakarta #Sandiaga Uno
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan