PKB Minta Pemerintah Serius Urus Pembangunan SDM dalam RPJMN 2020-2024

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 12 Juni 2019
PKB Minta Pemerintah Serius Urus Pembangunan SDM dalam RPJMN 2020-2024
Anggota Badan Anggaran DPR RI fraksi PKB, Yanuar Prihatin. Foto: PKB TV

MerahPutih.com - Anggota Badan Anggaran DPR RI fraksi PKB, Yanuar Prihatin meminta pemerintah serius dalam menangani rencana pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang disampaikan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro pada Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2020.

Yanuar menilai pembangunan SDM Ini penting untuk mencapai tujuan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Sehingga perlu diprioritaskan agar berjalan maksimal.

Anggota Badan Anggaran DPR RI fraksi PKB, Yanuar Prihatin
Anggota Badan Anggaran DPR RI fraksi PKB, Yanuar Prihatin

"Pembangunan SDM ini sangat fundamental, penting diperhatikan agar rencana pemerintah dalam menghadapi industri kreatif di RPJMN 2020-2024 ini menjadi selaras," ujar Yanuar dalam rapat bersama pemerintah dalam pembahasan RAPBN dan RKP 2020-2024 dalam keterangan persnya di Jakarta, Rabu (12/6)

BACA JUGA: Pansel Minta Bantuan Pimpinan KPK Tracking Rekam Jejak Capim

Yanuar melihat fenomena penurunan penerimaan pajak, pelaporan pajak palsu dan rendahnya kesadaran dalam membayar pajak ini semua berawal dari manusia. Maka, ini akan menjadi tonggak awal dalam keberhasilannya RPJMN 2020-2024.

"Penting diperhatikan kedepan, masih banyaknya anak muda yang tidak menggunakan teknologi sebagai modal usaha, ini menjadi konsen pemerintah kedepan dalam hal meningkatkan ekonomi Indonesia," terangnya.

Dalam konteks tersebut, Yanuar menyatakan SDM Indonesia kedepan harus membuka lapangan kerja, membangun mental kemandirian, dan bisa menguasai teknologi.

"Kedepan SDM Indonesia harus bisa membuka lapangan kerja, mengurangi pengangguran bukan saja berpaku dengan perusahaan besar saja tapi mampu bersaing antar individu," tegasnya.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro. Foto: Setkab

Sebelumnya Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro mengatakan telah menyelesaikan road map Sumber Daya Manusia yang akan dimasukkan dalam RKP 2020 dan RPJMN 2020-2024. Bambang menyebutkan hal ini untuk melihat peta kebutuhan tenaga kerja perbidang baik pendidikan umum atau vokasi.

BACA JUGA: Bos Grand Kartech Didakwa Menyuap Pejabat Krakatau Steel

"Kita akan meningkatkan sektor pendidikan dan pembangunan SDM untuk mengurangi pengangguran lulusan SMK dan Universitas. Hal ini dikarenakan perusahaan melihat kebutuhan skill yang kadang tidak dimiliki oleh lulusan tersebut," tuturnya. (*)

#Bambang Brodjonegoro #Partai Kebangkitan Bangsa
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan