Teknologi

PJJ Tetap Efektif dengan Adanya Inovasi Teknologi

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Jumat, 10 September 2021
PJJ Tetap Efektif dengan Adanya Inovasi Teknologi
PTM masih dibatasi. (Foto Unsplash/Kuanish Reymbaev)

PEMBELAJARAN tatap muka (PTM) masih terbatas di masa pandemi ini. Namun, orang tua tidak perlu khawatir. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) tetap efektif dengan adanya inovasi teknologi.

Alta School hadir sebagai platform sekolah daring yang menggunakan inovasi teknologi agar PJJ berjalan optimal. Sekolah ini berkomitmen untuk mengembangkan metode pembelajaran yang didesain secara adaptif dan terpersonalisasi, tanpa mengesampingkan kualitas pendidikan.

Baca Juga:

Anak Makin Antusias Mengikuti PJJ Lewat Video Animasi

“Alta School adalah sekolah yang mengusung metode blended learning dan mengedepankan konsep live teaching yang interaktif, adaptif, dan menyenangkan agar dapat menggali minat dan potensi anak secara maksimal," tutur Devi S. Gunawan, Kepala Sekolah Alta School dalam temu pers daring, Kamis (9/9).

Alta School menggandeng ruangguru agar PJJ optimal. (Foto: Istimewa)

Metode Blended Learning membuat PJJ tetap efektif karena adanya fitur-fitur yang amat membantu proses belajar dan mengajar. Fitur-fitur tersebut antara lain homebase project, offline activity with parent, tutoring class, kelas add on, life skill education, hingga learning kit.

Devi melihat masih ada tantangan-tantangan pembelajaran yang dihadapi saat ini dalam sistem pendidikan di Indonesia. Seperti tantangan yang dihadapi guru, orang tua, dan siswa dalam menjalankan PJJ.

Baca Juga:

Belajar Jarak Jauh Asyik Kok

Selain itu, mereka menyadari masih ada tantangan PTM terbatas dan segala peraturannya. Seperti siswa harus menjaga jarak 1,5 meter, selalu memakai masker medis, masuk kelas dengan tertib serta tidak banyak mengobrol dengan teman, dan sebisa mungkin tidak bersentuhan dengan teman.

Webinar mingguan membantu orang tua memahami perkembangan anaknya. (Foto: Unsplash/Ivan Aleksic)

Oleh karena itu, agar PJJ makin efektif, sekolah ini juga berkolaborasi dengan aplikasi pendidikan. Kolaborasi ini membantu siswa mengakses modul pembelajaran aktivitas mandiri melalui Learning Management System (LMS) baik di dalam aplikasi maupun browser.

“Akses ruangkelas yang dihadirkan sebagai sistem kelola belajar utama di Alta School, akan mempermudah guru dalam mengatur kegiatan belajar mengajar secara online, sehingga siswa dapat mengikuti rencana belajar yang sudah ditentukan dengan baik untuk tetap belajar secara efektif," ujar Anggini Setiawan, Head of Corporate Communication Ruangguru.

Fitur-fitur yang disediakan aplikasi pendidikan juga sudah dirancang sesuai dengan konteks kebutuhan para guru dan murid, sehingga harapannya bisa jauh lebih mudah untuk digunakan. Sekolah ini juga mengadakan webinar mingguan untuk membantu orang tua dalam memahami perkembangan anaknya. (mic)

Baca Juga:

Aplikasi Belajar Online, Solusi Sukses SBMPTN di Masa Pandemi

#Teknologi #Pendidikan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan