Pj Heru Pastikan Jakarta Siap Sambut Delegasi KTT ASEAN Ke-42

Zulfikar SyZulfikar Sy - Minggu, 30 April 2023
Pj Heru Pastikan Jakarta Siap Sambut Delegasi KTT ASEAN Ke-42
Penjabat (Pj) Gubenur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat meninjau Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (29/4/2023). ANTARA/Siti Nurhaliza

MerahPutih.com - Penjabat (Pj) Heru Budi Hartono meninjau beberapa titik strategis untuk menyambut kedatangan delegasi gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42.

Titik strategis itu antara lain Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur; Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten; kawasan Gelora Bung Karno (GBK); serta kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat.

Diketahui, Indonesia sebagai tuan rumah KTT ASEAN ke-42 akan menyelenggarakan perhelatan tersebut di dua tempat, yakni Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Mei serta Jakarta pada September 2023.

Baca Juga:

2 Ribu Lebih Polisi Ditugaskan Khusus Jaga KTT ASEAN di Labuan Bajo

Jakarta sebagai tuan rumah untuk agenda KTT ASEAN Plus atau ASEAN+3 Summit yang turut menghadirkan negara-negara di luar Asia Tenggara, yaitu Jepang, Republik Rakyat Tiongkok, dan Korea Selatan, kini tengah mempersiapkan sejumlah titik strategis sebagai lokasi penyambutan para tamu undangan dari berbagai negara tersebut.

Heru mengharapkan warga Jakarta berpartisipasi dalam memeriahkan perhelatan KTT ASEAN tahun ini dengan turut menyambut kedatangan para delegasi di Jakarta. Khususnya di Bandara Halim Perdana Kusuma, Heru ingin adanya seluruh lapisan masyarakat yang terlibat dalam penyambutan tersebut.

"Saya minta nanti kita hadirkan anak-anak sekolah dan pramuka. Kemudian, nanti anak-anak sekolah itu sebagian berpakaian adat Betawi, untuk menyambut kedatangan delegasi dengan membawa bendera masing-masing negara. Kita sesuaikan nanti dengan jadwal kedatangan mereka. Berikutnya, saya meminta untuk mempercantik kawasan di sana, seperti jalan diaspal mulus, taman diperbaiki," ujar Heru.

Baca Juga:

KTT ASEAN Labuan Bajo Miliki 8 Agenda Pertemuan

Sementara itu, saat meninjau Terminal 3 Bandara Soetta, Heru berkoordinasi dengan pihak Angkasa Pura 2 sebagai pengelola untuk mempercantik suasana di bandara dan sekitarnya. Sehingga, Jakarta sebagai kota global tetap dapat menonjolkan kesan lokal yang kuat, serta menghadirkan pengalaman berbeda bagi tamu KTT ASEAN yang tiba di Jakarta.

"Di sini, kita ingin ada bentuk yang menunjukkan keragaman Indonesia. Tadi saya juga sampaikan, Pemprov akan memfasilitasi kalau memang dibutuhkan ada gamelan, tanjidor untuk menyambut delegasi, kami siapkan. Intinya, DKI Jakarta sudah siap menyambut KTT ASEAN. Kami juga akan menyiapkan sajian bernuansa lokal. Kami di Jakarta, juga dengan Banten, sama-sama mempercantik suasana bagi kedatangan tamu internasional tersebut," jelas Heru.

Di samping itu, saat meninjau kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Heru ingin mengoptimalkan fasilitas umum. Selain mempercantik kawasan, juga sebagai sarana promosi dengan memanfaatkan media luar ruang untuk kegiatan KTT ASEAN Tahun 2023.

"Selain memperindah kawasan, seperti jalan dan jalur pedestrian, kita juga akan memaksimalkan media luar ruang, seperti layar LED dan Videotron sebagai media promosi kegiatan ini. Kita berharap segala persiapan yang dikerjakan ini bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. Karena, event internasional ini akan memberikan dampak yang bagus bagi Jakarta," pungkas Heru. (Asp)

Baca Juga:

Jokowi Cek Tempat KTT ASEAN di Labuan Bajo

#KTT ASEAN #Heru Budi Hartono
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan