Pj Heru Minta Anak Buahnya Siap Siaga Hadapi Musim Hujan

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 24 November 2023
Pj Heru Minta Anak Buahnya Siap Siaga Hadapi Musim Hujan
Apel dan Gladi Kesiapsiagaan Menghadapi Musim Hujan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di Pintu Air Malaka Sari Kanal Banjir Timur, Jakarta Timur, pada Jumat (24/11). (Foto: Ist)

MerahPutih.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah menyiapkan beragam langkah antisipasi memasuki musim hujan.

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meminta jajarannya untuk selalu waspada dalam menghadapi musim hujan. Salah satu yang harus jadi perhatian yaitu banjir ketika musim hujan datang.

"Saya minta kepada seluruh tim yang bergerak di bidang relawan maupun tergabung dalam kesiapsiagaan bencana, bahwa bulan Februari akan ada (musim) hujan ataupun hal lain yang patut kita waspadai, berdasarkan informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)," kata Heru saat memimpin Apel dan Gladi Kesiapsiagaan Menghadapi Musim Hujan di Pintu Air Malaka Sari Kanal Banjir Timur, Jakarta Timur pada Jumat (24/11).

Baca Juga:

Heru Budi Ancam Pecat ASN DKI yang Tak Netral di Pemilu 2024

Untuk itu, Heru mengimbau agar secara rutin dilakukan pengecekan kesiapan peralatan dan sarana prasarana kesiapsiagaan bencana di kecamatan maupun kelurahan agar saat digunakan semuanya dapat berfungsi dengan baik.

"Saya minta kepada seluruh perangkat terkait dengan kesiapsiagaan bencana untuk mempersiapkan, tidak saja hanya saat apel, tetapi tunjukkan pada saat nanti dibutuhkan oleh masyarakat dalam rangka penanggulangan bencana, baik itu banjir dan lain-lain. Kita harus siap," ujar Heru.

Selain itu, Heru juga meminta sinergi lintas dinas yang terkait dengan penanggulangan bencana, khususnya Dinas Sumber Daya Air (SDA) untuk memastikan semua pompa air di tempat strategis dapat berfungsi dengan baik.

Ia juga meminta para wali kota untuk mengecek seluruh sudin terkait dan memastikan semua yang dibutuhkan sudah siap, baik alat maupun sumber daya manusia (SDM).

"Saya minta semua harus sadar, piket bergantian. Begitu juga waktu malam hari, fungsikan pada saat-saat nanti kerawanan bencana alam terjadi, fungsikan alat komunikasi dengan baik. Jakarta Utara, Jakarta Barat yang mungkin perlu mendapat lebih banyak perhatian, maka handy talky (HT) harus berfungsi 24 jam," tegas Heru.

Kemudian, Heru meminta partisipasi masyarakat agar bisa proaktif membantu di lapangan ketika dibutuhkan. "Di DKI pasti tidak lepas dari titik-titik banjir atau genangan, masih ada beberapa daerah yang memang dampak banjir pasti akan terjadi. Namun kita berusaha untuk mempercepat mengurangi genangan air itu dan memperkecil area terdampak," lanjutnya.

Baca Juga:

Pj Heru Persilakan Buruh Gugat UMP DKI 2024 ke PTUN

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Isnawa Adji mengatakan, berdasarkan prediksi BMKG, potensi puncak musim hujan dan rob di wilayah DKI Jakarta akan terjadi pada Februari 2024. Momen tersebut juga bertepatan dengan pelaksanaan pemilihan umum, sehingga diperlukan kesiapsiagaan lebih lanjut untuk menghalau potensi bencana, terutama di wilayah rawan banjir.

Kegiatan ini diikuti oleh 300 orang personel gabungan yang berasal dari unsur Kodim 0505 Jakarta Timur, Polres Metro Jakarta Timur, BPBD, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat), Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Satpol PP, Dinas Kominfotik, para Camat dan Lurah wilayah Administrasi Jakarta Timur, relawan kebencanaan, dan seluruh elemen terkait lainnya.

“Kegiatan apel dalam rangka menghadapi bencana dan musim hujan juga akan dilaksanakan di empat wilayah kota lainnya. Jakarta Pusat di Kali Ciliwung Lama, Pasar Baru; Jakarta Utara di Waduk Pluit; Jakarta Barat di Danau Citra 8, Jakarta Selatan di Setu Babakan, dan Jakarta Timur dilaksanakan di pintu air Malakasari ini," terang Isnawa. (Asp)

Baca Juga:

Pj Heru Budi Tetapkan Kenaikan UMP DKI Tahun 2024 Sore Ini

#Musim Hujan #Banjir Jakarta #Heru Budi Hartono
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan