Pj DKI 1 Harap Bendungan Ciawi jadi Solusi Atasi Banjir Jakarta

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 08 Desember 2022
Pj DKI 1 Harap Bendungan Ciawi jadi Solusi Atasi Banjir Jakarta
Foto udara proyek pembangunan Bendungan Ciawi dan Sukamahi di Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/wsj.

MerahPutih.com - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono berharap pembangunan Bendungan Kering Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, rampung tepat waktu.

Menurut orang nomor satu di Jakarta ini, dengan hadirnya Bendungan Ciawi tersebut mudah-mudahan dapat menjadi solusi atasi banjir di sejumlah wilayah ibu kota.

Baca Juga

8 RT di Jakarta Utara Terendam Banjir ROB

"Sehingga itu bisa selesai waduk ciawi sama sodetan, mudah-mudahan berkurang banyak banjir di Jakbar, Jakut, dan Jaksel," terang Heru di Jakarta, Rabu (7/12).

Heru menerangkan, pembuatan Bendungan Ciawi merupakan prioritas Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam upaya mengatasi banjir di ibu kota.

"Itu kan bagian dari program utama penanggulangan banjir yang disampaikan menteri pupr di ciliwung," tuturnya.

Baca Juga

Pemprov DKI akan Rutin Gerebek Lumpur untuk Kendalikan Banjir

Diketahui, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (SDA) menargetkan pembangunan Bendungan Ciawi selesai pada akhir 2022. Sehingga bisa meminimalisasi banjir di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Bendungan Ciawi memiliki volume tampung 6,05 juta m3 dan luas area genangan 39,40 hektare untuk mereduksi banjir sebesar 111,75 meter kubik/detik. Kontrak pembangunannya senilai Rp 798,70 miliar. (Asp)

Baca Juga

1 Ruas Jalan di Jaktim Terendam Banjir

#Heru Budi Hartono
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan