Pj DKI 1 Bakal Bikin Ingub Larang ASN DKI Pamer Barang Mewah di Medsos

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 03 April 2023
Pj DKI 1 Bakal Bikin Ingub Larang ASN DKI Pamer Barang Mewah di Medsos
Pj DKI Jakarta Heru Budi Hartono (kanan). (Foto: MP/Asopih)

MerahPutih.com - Fenomena flexing atau memamerkan barang-barang mewah di jagat maya tengah hangat jadi perbincangan publik. Peristiwa yang paling jadi sorotan flexing pejabat dan keluarganya.

Upaya pencegahan flexing di lingkungan Pemprov DKI, Penjabat (Pj) Heru Budi Hartono berencana membuat aturan berupa instruksi gubernur (ingub) soal larangan aparatur sipil negara (ASN) memamerkan kekayaan di medsos.

"Ya, saya sudah berencana terbitkan ingub (terkait larangan memamerkan kekayaan di medsos)," kata Pj DKI 1 ini di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin (3/4).

Baca Juga:

Inspektorat DKI Periksa Massdes Aroufyy Imbas Istri dan Anak Pamer Harta

Beberapa hari lalu, warga ibu kota dihebohkan dengan gaya hidup mewah istri dan anak dari Kepala Bidang Pengendalian dan Operasional Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Massdes Arouffy.

Istri dan anak Massdes kerap memamerkan barang-barang mewah di media sosial. Istri Massdes membuat postingan sebuah tas mewah merk Hermes Birkin Crocodile yang nilainya ditaksir mencapai Rp 1,5 miliar.

Pj Heru tegaskan, mengenai kasus flexing keluarga anak buahnya itu pihaknya menyerahkan sepenuhnya pada Inspektorat Provinsi DKI Jakarta. Inspektorat pun kini tengah mendalami kasus tersebut.

"Sebenarnya gini, tentu ini semua ada proses sedang diteliti oleh Inspektorat," paparnya.

Terkait nasib pemanggilan anak dan istri Massdes, Pj Heru percayakan pada inspektorat. Semua kewenangan diserahkan sepenuhnya pada inspektorat dan dirinya tak mau ikut campur.

"Terserah Inspektorat. Alurnya harus jelas," tuturnya.

Baca Juga:

Polisi Suka Pamer Kemewahan Terancam Dihukum

Sebelumnya, masyarakat dihebohkan dengan gaya hidup mewah Kepala Bidang Pengendalian dan Operasional Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Massdes Arouffy dan keluarga yang diunggah di media sosial.

Hal itu diungkap oleh akun Twitter @Partaisocmed pada 23 jam yang lalu, dengan membocorkan foto-foto tas mewah.

Postingan @PartaiSocmed, mengabadikan foto istri Massdes yang diketahui bernama Kurnia Rusmasari dengan mengenakan diduga merk Hermes Birkin keluaran edisi terbatas yang mencapai harga USD 105 ribu atau ditaksir seharga Rp 1,5 miliar.

"Yang pada bilang tas pada gambar pertama diatas adalah KW jangan terkejut dengan harga tas Hermes Birkin Crocodile yang mencapai 105 ribu dollar alias 1,5 miliar Rupiah lebih ini. Satu tas ini bisa beli berapa rumahmu?" tulisnya.

Selain istri, anak perempuan Massdes juga kerap berswafoto menggunakan tas mahal seperti tas Christian Dior berjenis Lady Dior berwarna keemasan. Tas keluaran jenama asal Prancis ini diketahui seharga Rp 60 juta.

Tak Christian Dior, putri Messdes juga pamer menggunakan berbagai tas-tas mewah lainnya dari jenama asal Prancis seperti Gucci, Louis Vuitton, dan Balenciaga.

Ia juga memamerkan hadiah tas Louis Vuitton yang serasi dengan kalung yang dipakai.

Dalam postingan @PartaiSocmed, Semua barang-barang mewah tersebut merupakan hadiah pemberian kedua orang tuanya.

"Berbagai tas mewah dihadiahkan pada putri tercintanya. Lalu putrinya dengan bangganya flexing di sosmed," lanjutnya. (Asp)

Baca Juga:

Keluarga Anak Buah Pamer Harta di Sosmed, Pj DKI 1: Tanggung Jawab Masing-Masing

#Heru Budi Hartono
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan