Pj DKI 1 akan Pindahkan ASN Malas ke IKN, Pengamat: Justru Heru Tak Mampu Pimpin Jakarta

Mula AkmalMula Akmal - Rabu, 29 November 2023
Pj DKI 1 akan Pindahkan ASN Malas ke IKN, Pengamat: Justru Heru Tak Mampu Pimpin Jakarta
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu (3/5/2023). ANTARA/Siti Nurhaliza

MerahPutih.com - Pernyataan Penjabat (Pj) Heru Budi Hartono yang bakal memutasi Aparatur Sipil Negara (ASN) ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara jika kinerjanya tidak baik, menuai polemik.

Pengamat kebijakan publik dari Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah mengatakan, perkataan itu keluar dari mulut Heru karena hanya untuk membela diri. Pasalnya, ia menganggap, kinerja Heru di Jakarta sangat buruk dan belum ada gebrakan yang dibuat Pj di Ibu Kota.

Baca Juga:

Heru Budi Ancam Pecat ASN DKI yang Tak Netral di Pemilu 2024

"Sebenarnya dia tak mampu memimpin jakarta itu kalau saya melihatnya itu. Karena dulu dia pernah wali kota jakarta utara, setelah di pusat sekarang jadi Pj tak banyak gebrakan yang dilakukan," ucap Trubus saat dihubungi MerahPutih.com, Rabu (29/11).

Contohnya saja, kata Trubus, Heru tidak becus menjalankan tiga tugas yang diamanahkan Presiden Jokowi ketika baru mengemban tugas sebagai Pj Gubenur.

Tugas yang diperintah Jokowi untuk Heru antara lain penanggulangan masalah banjir, persoalan kemacetan, dan masalah tata ruang.

"Setahun diperpanjang setahun diperpanjang. Ga ada gebrakan apapun kan. Ada 3 hal yang ditugaskan oleh presiden dia ga jalan, mengenai kemacetan tidak ada, kemudian penanganan banjir, Jakarta banjir. Tata ruang ya tidak ada yang dilakukan, misalnya penanganan sampah," cetusnya.

Baca Juga:

Heru Budi Ancam ASN Tak Bekerja Baik Dipindahkan ke IKN

Terkait persoalan tata ruang, ucap Trubus, mestinya Pj Heru itu membangun transportasi yang bagus untuk memfasilitas pekerja yang bertempat tinggal di Bodetabek (Bogor, Depok, Tanggerang, dan Bekasi). Tapi sampai detik ini belum ada hasil yang dicapai Pj Heru terkait menyelesaikan tata ruang.

"Masyarakat yang penyanggah itu yang bukan orang jakarta yang harusnya di koordinasikan transportasinya. Dia kerja di Jakarta harsnya transportasinya disediakan," tutupnya.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengancam akan memutasi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemprov DKI ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Pulau Kalimantan, bila kerjanya tidak maksimal.

"Jadi bapak kalau enggak bekerja dengan baik, sesuai dengan UU ASN yang terbaru bapak saya pekerjakan ke IKN," kata Heru di Jakarta, pada Selasa (28/11). (Asp)

Baca Juga:

Heru Budi Perintahkan Dinkes DKI Sosialisasi Soal Nyamuk Wolbachia

#Heru Budi Hartono
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan