Pixel 4 Bisa Dibuka Bahkan Saat Penggunanya Tidur Fitur face unlock Pixel 4 miliki masalah yang dapat pengaruhi penjualannya (Foto: Cnet.com)

TAK lama lagi, tepatnya tanggal 24 Oktober, Google akan merilis ponsel pintar terbarunya Pixel 4. Tentunya karena merupakan produk buatannya sendiri, Pixel 4 akan memiliki berbagai fitur dari Google yang tak ada di ponsel-ponsel pintar lainnya.

Seperti contohnya dual-camera 12.2 MP dan 16 MP telephoto 2x yang kabarnya dapat digunakan untuk memotret bintang-bintang di malam hari. Atau juga sensor radar yang dapat mendukung berbagai fungsi lainnya, seperti membaca gestur pengguna tanpa harus menyentuh layar.

Anehnya, Pixel 4 ini justru tidak memiliki pembaca sidik jari yang biasanya digunakan untuk membuka ponsel. Nampaknya Google percaya diri dengan fitur face unlock-nya yang diklaim Google cepat dan mudah digunakan.

Akan tetapi ternyata fitur tersebut memiliki kelemahan yang justru membahayakan privasi penggunanya. Dilansir dari laman BBC, ternyata ponsel Pixel 4 bisa dibuka bahkan saat penggunanya tidur.

Chris Fox, wartawan BBC yang mendapat pinjaman ponsel tersebut telah mencoba hal tersebut. Dan mengunggah sebuah video yang menunjukkan kelemahan tersebut lewat akun Twitter miliknya.

Ini artinya orang lain dapat membuka ponsel Pixel 4 tanpa disadari penggunanya. Lebih parahnya, fitur face unlock ini tak hanya digunakan untuk membuka ponsel saja. Melainkan juga saat masuk ke aplikasi, bahkan mengkonfirmasi pembayaran digital.

Pernyataan Google di situsnya perihal fitur face unlock Pixel 4 (Foto: Google)
Pernyataan Google di situsnya perihal fitur face unlock Pixel 4 (Foto Google)

Google nampaknya telah menyadari kesalahannya. Mereka sendiri menuliskan hal tersebut dalam situsnya. Menurut Google, fitur face unlock dapat membuka Pixel 4, bahkan di saat yang tidak diinginkan pengguna. Orang yang wajahnya mirip dengan pengguna Pixel 4 pun dapat mengaktifkan fitur Face unlock.

Guna menghindari situasi-situasi yang tidak diinginkan, Google kemudian menyediakan fitur lockdown. Fitur tersebut akan mematikan fitur notifikasi atau face unlock untuk sementara.

Tentunya hal ini menjadi pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan Google. Jika tidak, bisa jadi hal ini akan mempengaruhi angka penjualan dari Pixel 4. Apalagi di tengah persaingan yang berat dari iPhone 11 yang belum lama ini dirilis. (sep)


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH