Pitimoss Fun Library, Perpus Buat Nyantai di Bandung

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 01 Februari 2023
Pitimoss Fun Library, Perpus Buat Nyantai di Bandung
Menyuguhkan berbagai macam buku novel, komik, dan literasi lainnya. (Humas Bandung)

MEMBACA bukan sekadar tren, tapi kebutuhan untuk memperkaya pikiran. Namun ada kalanya membaca membutuhkan tempat yang nyaman. Di Kota Bandung ada Pitimoss Fun Library yang bisa menjadi salah satu pilihan tempat membaca yang asyik dan menyenangkan.

Perpustakaan ini terletak di Jalan Banda No.12-S, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung. Tempat ini menyuguhkan berbagai macam buku novel, komik, dan literasi lainnya. Tempat ini buka setiap hari, pukul 08.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB, termasuk hari libur dan tanggal merah.

Baca Juga:

Inilah Buku-Buku Bacaan Favorit Presiden Indonesia Mulai Bung Karno Sampai Jokowi

perpus
Terdapat 91.132 buku yang terdiri dari novel, komik, pop-science, dan buku bacaan lainnya yang sering di-update setiap minggu. (Humas Bandung)

Perpustakaan yang telah berdiri sejak tahun 2003 ini dilatarbelakangi oleh perantau dari Kota Padang yang ingin membuat taman baca bagi pencinta literasi di Kota Bandung.

Nama Pitimoss diambil dari bahasa Padang yang mempunyai arti uang receh. Pendirian perpustakaan ini karena hanya bermodalkan uang receh.

Kepala perpustakaan Pitimoss, Rizky Maulidani mengatakan, terdapat 91.132 buku yang terdiri dari novel, komik, pop-science, dan buku bacaan lainnya yang sering di-update setiap minggu.

Buku yang tersedia terbilang sangat lengkap terlebih lagi novel dan komik yang diperbarui apabila ada serial atau volume terbaru.

“Banyak buku yang disediakan di Pitimoss fun library seperti novel komik dan buku-buku lainnya bahkan dari buku self improvement bisa sampai tiga rak. Sampai saat ini masih berusaha untuk menambah buku-buku yang akan disediakan di perpustakaan ini,” ungkap Rizky, Senin (30/1).

Baca Juga:

Buku Kuno Ini Bisa Membunuh Orang

perpus
Ruang baca yang tersedia terdiri dari ruangan indoor dan outdoor. (Humas Bandung)

Pitimoss Fun Library juga menyediakan fasilitas lain bagi pembaca berupa musola, toilet, kantin, lahan parkir, dan ruang baca. Adapun ruang baca yang tersedia terdiri dari ruangan indoor dan outdoor bagi pembaca yang ingin di luar ruangan sambil merokok. Dengan ruang baca yang minimalis, pembaca diberikan kenyamanan pada saat membaca buku.

Rizky mengatakan, di perpustakaan yang dikelolanya juga terdapat sistem member dan non-member bagi pembaca. Adapun kelebihan bagi member perpustakaan yaitu dapat meminjam buku dari perpustakaan sedangkan untuk non-member tidak bisa.

“Untuk pembuatannya, calon member hanya diminta kartu KTP dan mengisi formulir yang disediakan. Dengan menjadi member, pengunjung bisa meminjam buku dan biaya peminjamannya pun akan lebih murah dibanding yang bukan member. Karena untuk baca buku di sini ada tarif yang diberlakukan kecuali pada hari Minggu untuk baca di tempat gratis,” tutur Rizky.

Bagi yang sudah terdaftar sebagai member, tidak hanya dapat meminjam buku dengan potongan harga. Namun menariknya, member tersebut bisa meminjam buku secara gratis di hari ulang tahunnya.

Pitimoss Fun Library ini menjadi rekomendasi yang tepat untuk orang-orang yang menyukai komik dan novel. Selain pilihannya yang beragam, edisinya pun lengkap dan membuat para pengunjung tidak bosan untuk terus mengunjungi tempat baca tersebut. (Imanha/Jawa Barat)

Baca Juga:

Perut Mulas di Toko Buku? Mungkin Kamu Mengalami Fenomena Mariko Aoki

#Wisata #Perpustakaan
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan