Pisau yang Menusuk Wiranto Mirip Kunai, Senjata Khas Ninja Kunai merupakan senjata yang identik dengan ninja. (Foto Youtube/Koss)

PERISTIWA penusukan Mekopolhukam, Wiranto, oleh orang yang diduga terpapar paham radikalisme, menggunakan pisau yang selintas mirip dengan senjata yang digunakan oleh ninja. Meskipun tidak 100 persen mirip, namun orang langsung terbayang pada senjata pisau ninja yang dikenal dengan nama Kunai.

Dilansir dari laman Fandom, di masa lalu ketika Jepang masih dipengaruhi oleh para panglima perang yang menguasai daerah-daerah tertentu, ninja dipergunakan jasanya menjadi mata-mata yang bertugas mencuri rahasia musuh, bahkan membunuhnya.


Baca Juga:

Yakuza, Mafia Misterius Jepang dan 5 Fakta Menarik Dibaliknya

kunai menusuk wiranto
Kunai yang berbahaya di tangan ahlinya (Foto: instagram@megaknife)

Jadi, keahlian khusus seorang ninja adalah menyusup dengan atau tanpa suara. Menurut sebagian pengamat, keahlian seorang ninja bukanlah membunuh tetapi menyusup. Hal ini bisa dilihat dari arti kata ninja itu sendiri, yakni berasal dari bahasa Jepang nin yang berarti menyusup dan sha yang berarti orang.

Dalam menjalankan tugasnya, ninja memiliki peralatan yang mirip dengan pisau dengan ujung yang runcing, yakni kunai. Kunai adalah sejenis alat berkebun atau sekop Jepang kuno. Pada awalnya, kunai digunakan sebagai alat berkebun dan alat bagi para pekerja batu.

Biasanya, seorang ninja menggunakan kunai untuk memanjat di dinding, menggali tanah, melubangi tembok karena materialnya yang kokoh. Pisau yang ada pada kunai berbentuk seperti daun dan gagangnya berbentuk cincin yang dapat dipasangi tali. Selain kunai, senjata khas yang sering digunakan ninja adalah shuriken atau pisau bintang.


Baca Juga:

Jalan-Jalan Beda di Bagian Lain Jepang

senjata khas ninja
Katana dan kunai, perlengkapan yang selalu dibawa ninja. (Foto: KarateMart)


Dilansir dari laman Ninja Encyclopedia, kunai terbuat dari baja dan berukuran sekitar 20 sampai 60 sentimeter. Namun adapula yang berukuran 10 sampai 15 sentimeter, cukup kecil dan mudah untuk dibawa kemana-mana dan disembunyikan di kantong.

Kunai bisa digunakan sebagai senjata dalam pertempuran jarak dekat. Untuk pertempuran jarak jauh, kunai bisa digunakan sebagai pisau lempar yang tentunya membutuhkan teknik khusus untuk menggunakannya. Karena ujung mata kunai dilumuri dengan racun dan sifatnya mematikan. Bagaimanapun, kunai merupakan senjata yang identik dengan ninja dan memilik segudang manfaat. (And)


Baca Juga:

Bisa Bahasa Jepang Bikin Kamu Gampang Cari Kerja


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH