Pisang Seharga Rp 1,6 Miliar Sukses Gemparkan Dunia, Apa Spesialnya?

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Senin, 09 Desember 2019
Pisang Seharga Rp 1,6 Miliar Sukses Gemparkan Dunia, Apa Spesialnya?
Sebuah pisang menjadi viral dan gemparkan dunia seni (Foto: pixabay/capri23auto)

PISANG sejatinya merupakan buah yang kaya akan manfaat bagi kesehatan dan sangat disukai oleh banyak orang di dunia.

Harga buah pisang pun sangat terjangkau, karena itulah buah pisang menjadi salah satu buah favorit yang paling dicari banyak orang.

Baca Juga:

Jaket Terkuat di Dunia, 15 Kali Lebih Kuat daripada Baja!

Namun belum lama ini terbesit kabar mencengangkan tentang buah pisang. Seorang seniman menjadikan buah pisang sebagai karya seni, dimana satu buah pisang itu ditempil di dinding putih pada sebuah galeri seni, dan dijual senilai Rp1,6 miliar, seperti yang dilansir dari laman odditycentral.

Karya seni pisang fantastis seharga miliaran rupiah (Foto: instagram @galeriaperottin)

Karya seni yang bertajuk 'Comedian', merupakan karya seni asli dari seniman Italia Maurizio Cattelan dari galeri Paris Perrotin yang dijual minggu ini, di festival Art Basel di Miami.

Edisi pertama karya seni itu pun dibeli oleh seorang kolektor seni Prancis dengan harga USD$120.000 atau sekitar Rp 1,6 miliar.

Baca Juga:

Canggih! Teknologi VR Pada Sapi Dipercaya Bisa Tingkatkan Produksi Susu

Menurut pemilik galeri Emmanuel Perrotin, bahkan edisi kedua dari karya seni bertajuk 'Comedian' itu telah dijual dengan harga yang sama.

Setelah sukses menjual dua buah pisang dengan total USD$240.000 atau sekitar Rp3,2 miliar, seniman dan pemilik galeri Perrotin memutuskan menaikan harga edisi yang ketiga menjadi USD$150.000 atau sekitar Rp2,1 miliar. SAng seniman dan pemilik galeri pun mengaku heran jika karya seninya bisa terjual dengan harga fantastis.

"Kami telah menjualnya, ini keajaiban, saya tak tahu bagaimana ini terjadi" ucap perwakilan dari Galeri Emmanuel Perrotin pada wartawan.

karya seni bernama 'Comedian' menjadi hit di Festival Art Basel di Miami (Foto: instagram @sarahecasone)

Melihat larisnya karya seni itu, sang seniman Cattelan dianggap agak 'iseng' di dunia seni. Namun Perrotin gallery menegaskan jika karya seni yang kini menggemparkan dunia seni bukanlah lelucon.

Bahkan, sang seniman diduga memiliki ide untuk 'comedian' sudah dari tahun lalu, dan menghabiskan banyak waktu untuk mempertimbangkan setiap aspek dari karya seni, dari bentuk buah, hingga sudut yang telah ditempelkan ke dinding dan ukuran tembok itu sendiri. Bahkan seniman itu awalnya mempertimbangkan untuk menggunakan pisang palsu.

"Setiap kali dia bepergian, dia membawa pisang dan menggantungnya di kamar hotelnya untuk mencari inspirasi, dia membuat beberapa model pertama dari bahan resin, kemudian perunggu, perunggu di cat, hingga akhirnya kemblai ke ide awal menggunakan pisang asli" ucap perwakilan Galeri Perrotin.

Mungkin kamu bertanya-tanya mengapa seniman dan galeri tersebut menetapkan harga fantastis untuk karya seni bertajuk 'Comedian' itu. Hal tersebut lantaran mereka mencoba mencapai keseimbangan antara jumlah yang dianggap tak signifikan, atau yang akan dianggap orang aneh.

Karena viralnya karya seni berharga fantastis itu, 'Comedian' pun menjadi hit di Art Basel Miami, dengan pengunjung yang antri untuk berfoto selfie dengannya. Namun penyelenggara tak khawatir jika karya seni yang mahal itu mungkin akan dicuri.

Jika itu terjadi, mereka telah memiliki pisang lainnya. Lagipula, tanpa sertifikat keaslian dari Maurizio Cattelan, pisang itu hanyalah sebuah pisang biasa yang ditempelkan ke dinding putih. (Ryn)

Baca Juga:

Deretan Kendaraan Guru yang Sangat Ikonik Pada Zamannya

#Karya Seni Unik #Karya Seni #Viral #Berita Unik
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan