Pisang Sangat Penting Bagi Ibu Hamil! Segudang manfaat dalam sebuah pisang (Foto: Pexels/Pixabay)

IBU hamil sangat memerlukan asupan makanan yang bergizi. Ini berhubungan dengan jabang bayi yang dikandungnya. Salah satu sumber nutrisi yang direkomendasikan untuk ibu hamil adalah buah pisang. Buah berwarna kuning ini memiliki segudang manfaat bagi ibu hamil.

Bukan hanya nutrisinya saja yang mampu mencukupi kebutuhan ibu hamil. Namun juga mampu meringankan mual dan muntah hingga mengurangi risiko bayi lahir cacat. Buah pisang mengandung beragam jenis zat yang baik bagi tubuh. Seperti karbohidrat, protein, mineral, vitamin B dan C, magnesium dan asam folat. Laman alodokter, mengungkapkan manfaat buah pisang ini.


Baca Juga:

Ibu Hamil Dilarang Konsumsi Seafood? Ini Faktanya


Morning sickness

hamil
Pisang dapat meredakan morning sickness. (Foto: Pexels/Pixabay)

Morning sickness atau mual di pagi hari kerap terjadi pada trimester awal kehamilan, kondisi ini akan memengaruhi aktivitas harian ibu hamil. Tak hanya jadi malas makan, salah memosisikan tubuh sedikit saja bisa memicu mual. Morning sickness wajar terjadi saat awal kehamilan karena tubuh harus melalui proses adaptasi dengan janin.

Untuk meredakan gejala morning sickness, ibu hamil bisa mengonsumsi buah pisang. Kandungan vitamin B6 dalam buah pisang memudahkan proses cerna dan cukup mengenyangkan. Tak hanya buah pisang, ibu hamil dapat mengonsumsi makanan yang mengandung jahe. Bila muntah, pastikan cairan tubuh tercukupi untuk menghindari dehidrasi.


Cegah sembelit

hamil
Pisang dapat melancarkan BAB. (Foto: Pixabay/pedroserapio)

Buah pisang efektif mencegah sembelit pada ibu hamil. Lumrah terjadi pada ibu hamil, biasanya kondisi ini disebabkan perubahan hormon, peningkatkan tekanan usus karena rahim dan bisa pula karena pengaruh vitamin prenatal yang mengandung zat besi. Untuk mengatasi masalah pencernaan ini, ibu hamil disarankan mengonsumsi serat hingga 30 gram sehari. Dalam satu pisang terkandung 2,5 gram serat di dalamnya.

Atasi kram kaki

hamil
Kalium dalam pisang membantu meredakan nyeri dan kram pada kaki. (Foto: Pixabay/mohammadaasim)


Kandungan kalium dalam buah pisang efektif redakan nyeri dan kram kaki. Kondisi ini banyak dikeluhkan ibu hamil, kram kaki diakibatkan gangguan kerja otot dan syaraf. Maka dari itu, kalium berperan dalam mengontrol keseimbangan elektrolit tubuh. Membantu juga maksimalkan kerja otot dan syaraf. Kandungan kalium dan kalori dalam buah pisang jadi alternatif cegah nyeri dan kram kaki.


Baca Juga:

Buat Suami, Begini Atasi Swing Mood Saat Istri Hamil


Tangkal radikal bebas

hamil
Olahan buah pisang bisa menangkal radikal bebas yang merugikan janin (Foto: Pexels/natalie)

Salah satu kandungan dalam buah pisang, adanya vitamin C. Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi vitamin C sekitar 80 hingga 85 mikrogram seharinya. Kandungan vitamin C ini efektif sebagai antioksidan yang mampu menangkal paparan radikal bebas. Tak hanya itu, vitamin C juga bisa membentuk kolagen tulang, tulang rawan, otot, kulit, pembuluh darah dan meringankan luka. Selain buah pisang, kamu bisa mengonsumsi buah mangga, apel, alpukat, ataupun jeruk.


Menghindari bayi lahir cacat

hamil
Mampu menurunkan risiko bayi lahir cacat. (Foto: Pixabay/4924546)

Menariknya, buah pisang bisa mengurangi risiko bayi lahir cacat. Kandungan asam folat dalam buah pisang direkomendasikan sebagai salah satu asupan bagi bayi yang terindikasi cacat pada bagian tabung syaraf dan otak. Biasanya, indikasi kekurangan asam folat ini terindentifikasi pada tiga sampai empat minggu awal kehamilan.

Meski tak seratus persen menyembuhkan, buah pisang bisa menurunkan angka risiko cacat pada tabung saraf janin. Baiknya, konsumsi kisaran 400 mikrogram asam folat setiap harinya. Jika diperlukan, tambahkan suplemen yang mengandung asam folat sesuai anjuran dokter kandungan. (Dys)

Baca Juga:

Langkah Efektif Mengurangi Risiko Dehidrasi untuk Ibu Hamil



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH