PINTU Incubator Wujudkan Kerjasama Indonesia Perancis Koleksi khusus busana ukuran besar dari Wah Gede Banget. (Foto: JF3)

PINTU Incubator memasuki babak baru. Di panggung JF3 (3/9) silam tujuh jenama lokal tempaan program PINTU Incubator telah menyajikan koleksi terbaiknya bertajuk Tepa Selira di Fashion Tent, La Piazza Mal Kelapa Gading. Di ujung runway diumumkan dari tujuh jenama terdapat tiga pemenang, antara lain Oemah Etnik, WGB, dan Tailor Moon untuk melanjut ke tahap berikutnya.

Ketiganya akan mengikuti tahap lanjutan program inkubasi Indonesia dan Perancis hasil kolaborasi antara JF3, LAKON Indonesia, dan Kedutaan Besar Perancis melalui Institut Francais d'Indonesie (IFI).

Baca Juga:

5 Jam Tangan Otomatis Paling Populer di Indonesia

Kerjasama internasional tersebut mulai diwujudkan dengan mulai membuka kesempatan bagi para kreatif muda Perancis untuk ikut serta dalam program PINTU Incubator di Jakarta, Indonesia. Program tersebut, menurut inisiator PINTU Incubator sekaligus founder dari LAKON Indonesia PINTU Incubator Thresia Mareta, diharapkan akan menjadi sarana dalam menyatukan para kreatif muda dari dua negara untuk berkolaborasi dan berbagi pengetahuan khususnya dalam industri mode.

PINTU
PINTU Incubator memasuki babak baru. (Foto: PINTU Incubator)

“Terwujudnya kolaborasi dua negara ini merupakan sebuah kehormatan sekaligus peluang sangat berharga bagi para kreatif muda Indonesia dapat belajar, menggali wawasan, dan keterampilan dari para pakar terpilih dari Perancis," kata Thresia Mareta.

PINTU Incubator, sambungnya, sedari awal ingin membawa jenama lokal Indonesia ke pasar internasional melalui pelbagai kegiatan. Program inkubasi tahap pertama berlangsung sejak bulan April hingga Agustus 2022, dengan kurasi tahap akhir dilakukan di runway JF3 fashion show pada 3 September 2022 lalu.

Baca Juga:

Lakon Store Gambarkan Jakarta Melalui Koleksinya di JF3 Fashion Festival

Sebelum koleksi mereka dipamerkan di runway, para peserta program nan lolos kurasi tahap pertama kemudian diikutsertakan dalam berbagai sesi pembelajaran, bimbingan, sharing insight, dan berbagi pengalaman dalam menjalankan bisnis dari mentor dengan pelbagai latar belakang, mulai pengajar hingga praktisi dari jenama lokal dan internasional terkemuka, seperti H&M Indonesia, UNIQLO Indonesia, LAKON Indonesia, konsultan marketing LeBoYe & Dia.Lo.Gue, pakar HAKI Phoa Bing Hauw Center Patent, dan Lembaga Pendidikan dan Pengajaran Tata Busana (LPTB) Susan Budihardjo.

PINTU
Program internasional mulai mewujud. (Foto: PINTU Incubator)

Selain dibekali penguasaan peningkatan produk, dalam program tersebut diberikan pula pengajaran finansial dari BTPN, Pradita University, hingga desainer Perancis Louise Lyngh Bjerregaard.

Sementara, bagi para kreatif muda dari Perancis akan mendapatkan pengetahuan mengenai ragam budaya tanah air. Hal ini sesuai juga dengan misi LAKON Indonesia dan JF3 untuk melestarikan budaya serta mengangkat citra, harkat, dan martabat bangsa Indonesia dengan membawa industri mode berbasis budaya ke dunia internasional. "

Berbagai dukungan atas berjalannya program ini akan semakin memperkuat dan memberikan semangat kepada kami dan pihak-pihak yang terlibat dalam mencapai misi dan tujuan tersebut," tambahnya.

PINTU
Salah satu koleksi Oemah Etnik di gelaran JF3. (Foto: JF3)

Program inkubasi dua negara ini akan berjalan selama 5 minggu, dan berlangsung pada bulan Oktober - Desember 2022, melalui berbagai program mentoring dan masterclass intensif diberikan pelaku brand fashion dari Prancis dan para pakar dari Indonesia. Melalui program ini, para kreatif muda Perancis juga akan mendapatkan wawasan mengenai budaya, mengenal lebih dalam pengrajin, master seni, dan produk-produk kerajinan terbaik dari UMKM Indonesia.

Dukungan dan pengakuan terhadap program PINTU Incubator bahkan telah diberikan BDMMA PARIS, sebuah Lembaga Terkemuka Profesi Desain, Mode, dan Seni di Paris nan membantu para jenama dan kreatif muda untuk tumbuh dan mengembangkan aktivitas bisnisnya. Setiap tahun, BBDMA telah memberikan bimbingan profesional kepada lebih dari 500 kreator, juga inkubator bagi 30 perusahaan di sektor desain, mode, dan kerajinan Paris, Perancis. PINTU incubator kini telah tercantum dalam website resmi BDMMA. (*)

Baca Juga:

Citayam Fashion Week, 'Created by Bonge cs, Stolen by the R

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Rahmania Astrini Hadirkan Single 'Pizza Pepperoni' untuk Pasangan LDR
ShowBiz
Rahmania Astrini Hadirkan Single 'Pizza Pepperoni' untuk Pasangan LDR

Lagu bergenre RnB tersebut, didedikasikan untuk pasangan yang menjalani long distance relationship (LDR).

Tidur Lima Jam Tiap Hari Berbahaya untuk Kesehatan
Fun
Tidur Lima Jam Tiap Hari Berbahaya untuk Kesehatan

Orang berusia 50 tahun yang hanya tidur lima jam sehari atau kurang berisiko lebih besar terkena penyakit kronis.

Pembalap Berikut Ini Ternyata Juga Pebisnis Ulung
Hiburan & Gaya Hidup
Pembalap Berikut Ini Ternyata Juga Pebisnis Ulung

Ada yang jadi pengusaha kuliner hingga buka destinasi wisata.

'Spirit Halloween', Film Horor yang Ramah Anak-Anak
ShowBiz
'Spirit Halloween', Film Horor yang Ramah Anak-Anak

Terinspirasi dari toko ritel khusus di Amerika Serikat.

Kendaraan Listrik Jadi Fokus GIIAS 2022
Fun
Kendaraan Listrik Jadi Fokus GIIAS 2022

GIIAS 2022 akan menghadirkan teknologi serta produk terbaru

Twitter Makin Ramah untuk Pebisnis
Fun
Twitter Makin Ramah untuk Pebisnis

Pebisnis makin mudah promosikan usahanya.

Huawei FreeBuds SE Resmi Rilis, Segini Harganya
Hiburan & Gaya Hidup
Huawei FreeBuds SE Resmi Rilis, Segini Harganya

Menghadirkan pengalaman audio berkualitas dengan jangkauan yang luas.

Nose Sanitizer, Perlindungan Ekstra dari Virus COVID-19
Fun
Nose Sanitizer, Perlindungan Ekstra dari Virus COVID-19

Varian Omicron dapat mudah menular karena orang yang sudah terinfeksi bisa menyemburkan jutaan virus.

Mengintip Perkembangan Dunia Animasi yang Makin Kompeten
Fun
5 Kategori Konten Video Pendek yang Paling Sering Trending
Fun
5 Kategori Konten Video Pendek yang Paling Sering Trending

Ada beberapa konten yang sering trending di platform video pendek.