Pintu Incubator Dorong Jenama Lokal Jualain Menuju Pasar Global Salah satu koleksi Tepa Selira pada gelaran JF3. (Foto: JF3)

SEPASANG model perempuan dan laki-laki memasuki runway. Mereka tampak serasi mengenakan busana berwarna kuning gading dengan bunga roncean melati mengikat di rambut lalu menjuntai sampai perut depan. Siluet busana lelaki sangat sederhana bahkan detail etnik hanya ada di kain membebat perut. Sementara pada busana perempuan detail lebih banyak ada di atasan dengan ujung lengan potongan balon.

Baca Juga:

5 Jam Tangan Otomatis Paling Populer di Indonesia

Koleksi Tepa Selira tersebut menjadi pembuka Fashion Presentation PINTU Incubator di gelaran JF3, Fashion Tent, La Piazza Mal Kelapa Gading, (3/9). Selain Tepa Selira, terdapat enam jenama lokal lainnya, seperti Maria Adiputri, Nona Rona, Oemah Etnik, Rizkya Batik, Tailor Moon, dan WGB.

Ketujuh jenama lokal tersebut merupakan hasil tempaan program PINTU Incubator hadil kerjasama JF3, LAKON Indonesia, dan Kedutaan Besar Perancis melalui Institut Francais d'Indonesie (IFI).

JF3
Salah satu koleksi Oemah Etnik di gelaran JF3. (Foto: JF3)

"Jenama nan ikut porgram PINTU Incubator punya beragam keunggulan. Bagus-bagus. Tapi perlu kami kurasi agar bisa masuk ke tahap selanjutnya," kata Founder Lakon Indonesia Thresia Mareta kepada Merahputih.com.

Perjalanan panjang para partisipan dalam program ini telah dimulai sejak dibukanya pendaftaran PINTU Incubator 1.0 pada bulan April 2022 nan disambut antusias ratusan kreatif muda.

Baca Juga:

Lakon Store Gambarkan Jakarta Melalui Koleksinya di JF3 Fashion Festival

Peserta nan lolos kurasi tahap pertama kemudian diikutsertakan dalam berbagai sesi pembelajaran, bimbingan, sharing insight, dan berbagi pengalaman dalam menjalankan bisnis dari mentor dengan pelbagai latar belakang, mulai pengajar hingga praktisi dari jenama lokal dan internasional terkemuka, seperti H&M Indonesia, UNIQLO Indonesia, LAKON Indonesia, konsultan marketing LeBoYe & Dia.Lo.Gue, pakar HAKI Phoa Bing Hauw Center Patent, dan Lembaga Pendidikan dan Pengajaran Tata Busana (LPTB) Susan Budihardjo.

Selain dibekali penguasaan peningkatan produk, dalam program tersebut diberikan pula pengajaran finansial dari BTPN, Pradita University, hingga desainer Perancis Louise Lyngh Bjerregaard.

JF3
Koleksi khusus busana ukuran besar dari Wah Gede Banget. (Foto: JF3)

Setelahnya, seluruh partisipan mengikuti kurasi kedua. Terpilih tujuh jenama lolos tahap berikutnya, antara lain Maria Adiputri, Nona Rona, Oemah Etnik, Rizkya Batik, Tailor Moon, Tepa Selira, dan WGB. Mereka masing-masing mempresentasikan 12 koleksi di runway JF3.

Acara tersebut juga sekaligus merupakan tahapan kurasi akhir untuk memilih jenama terbaik nan akan mendapatkan berbagai peluang pengembangan usaha. Kurasi akan dilakukan lima kurator berkompeten dari latar belakang profesi berbeda namun sangat relevan dalam industri fesyen, seperti Founder Lakon Indonesia Thresia Mareta, Chairman of JF3 Soegianto Nagaria, Founder of Pisco & Co Alexandra Pisco, Chief Marketing Officer Media Group Network Meniek Andini, dan Senior Fashion Designer Susan Budihardjo.

Indonesia, menurut Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, merupakat pasar terbesar keempat di dunia sehingga penting sekali jenama lokal tumbuh agar tidak saja jadi pasar tetapi ikut berperan secara global dengan meningkatkan brand value.

"Peran inkubator ini bisa melengkapi ekosistem UMKM." kata Teten Masduki di sela kesibukannya mengamati produk dari jenama lokal PINTU Incubator.

JF3
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyampaikan pentingnya kebankitan jenama lokal. (Foto: JF3)

Dari program ini, sambung Teten Masduki, diharapkan agar jenama nan lolos pada tahap kedua dan selanjutnya pengembangan produknya bisa berkelanjutan sebab Indonesia sejatinya punya DNA seni dan budaya luar biasa nan menjadi kekuatan penting.

Di hadap ketujuh jenama nan lolos seleksi, Teten berpesan agar mereka terus berkembang sehingga jadi kekuatan baru Indonesia agar berjaya di pasar global.

"Anda harus yakin jenama lokal disukai market kita dan luar negeri," tegasnya.

Jenama-jenama lokal memang butuh kesempatan besar agar bisa tampil dan semakin bertaji. PINTU Incubator, seturut Chairman of JF3 Soegianto Nagari, merupakan upaya JF3 mendukung keberlanjutan indutri fesyen Tanah Air agar terus muncul talenta-talenta baru.

JF3
Koleksi Nona Rona di panggung JF3. (Foto: JF3)

"Kami berharap pada akhirnya PINTU Incubator dapat memberikan kontribusi terhadap industri fesyen Tanah Air," tandas Soegianto.

Setelah pagelaran JF3, sambung Direktur IFI Stephane Dovert, ketujuh jenama terpilih akan mengarungi perjalanan panjang untuk bisa sampai ke pasar global. "Tapi jangan khawatir, kami telah berbicara dengan pelaku fesyen di Paris untuk membantu," kata Dovert.

Jenama-jenama lokal di Indonesia, sambung Dovert, tak perlu kecil hati karena kelokalan sebab merek fesyen besar di Paris pun memulai usaha dari skala kecil tetapi konsisten selama bertahun-tahun sampai akhirnya mendunia.

"Makanya saya kira ada jalan menjadi besar apalagi ada inkubator, seperti PINTU Incubator," tutup Dovert. (*)

Baca Juga:

Citayam Fashion Week, 'Created by Bonge cs, Stolen by the R

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Makanan Tinggi Gula dan Karbohidrat Penyebab Migrain
Fun
Makanan Tinggi Gula dan Karbohidrat Penyebab Migrain

Menelusur kebenaran apakah makanan tinggi gula dan karbohidrat bisa menyebabkan sakit kepala sebelah atau migrain

Horoskop Cinta untuk Cancer, Scorpio, dan Pisces di Tahun 2022
Fun
Horoskop Cinta untuk Cancer, Scorpio, dan Pisces di Tahun 2022

Beruntungkah percintaan zodiak berelemn air di tahun 2022?

Animal Crossing: New Horizons akan Berhenti Berfungsi di 2061
Fun
Animal Crossing: New Horizons akan Berhenti Berfungsi di 2061

Gim tersebut beroperasi dengan waktu riil layaknya dunia nyata.

Psy Bakal Rilis Album Tahun Depan
ShowBiz
Psy Bakal Rilis Album Tahun Depan

Album tersebut adalah alternatif pilihan karena masih tidak bisa menggelar konser secara offline

Pentingnya Mengetahui Sumber Bahan Baku Suplemen Kesehatan
ShowBiz
Pentingnya Mengetahui Sumber Bahan Baku Suplemen Kesehatan

Kejelasan bahan baku produk suplemen membuktikan kualitasnya.

Bandara Polonia Tutup Layanan Komersil
Fun
Bandara Polonia Tutup Layanan Komersil

melayani penerbangan ke Hong Kong, Taipei, Amsterdam, Phuket, Chennai, Johor Bahru, Malaka, dan Ipoh.

Beberapa Hal yang Harus Dimiliki Roaster Andal
Fun
Beberapa Hal yang Harus Dimiliki Roaster Andal

Seorang roaster harus punya konsistensi untuk bisa menghasilkan rasa kopi yang konsisten dan stabil.

Jazz Gunung Bromo 2022, Andien Janji Berikan Yang Terbaik
ShowBiz
Jazz Gunung Bromo 2022, Andien Janji Berikan Yang Terbaik

Andien menyebutkan beberapa persiapannya sebelum tampil di Jazz Gunung Bromo 2022.

Vira Talisa Aransemen Ulang Lagu 'Makna Nostalgia' Candra Darusman
ShowBiz
Vira Talisa Aransemen Ulang Lagu 'Makna Nostalgia' Candra Darusman

Vira Talisa berkesempatan untuk membawakan ulang lagu lama berjudul Makna Nostalgia ciptaan Candra Darusman.