Pimpinan DPRD Minta Anies Segera Selesaikan Masalah Minyak Goreng

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 26 Januari 2022
Pimpinan DPRD Minta Anies Segera Selesaikan Masalah Minyak Goreng
Minyak goreng. (Foto: MP/Dicke Prasetia)

MerahPutih.com - Permasalahan mahalnya harga minyak goreng belum juga dapat terselesaikan di Indonesia khususnya Jakarta. Diperparah lagi dengan kelangkaan minyak goreng di ritel modern, buntut dari kebijakan pemerintah menetapkan satu harga minyak goreng Rp 14 ribu per liter.

Menyikapi hal ini, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Fraksi PKS Abdurrahman Suhaimi menegaskan, pemerintah pusat dan daerah harus segera turun tangan menuntaskan hal ini. Sebab, tugas pemerintah mengendalikan pasar dan harga kebutuhan.

"Rakyat harus mendapatkan kejelasan dan solusi atas kelangkaan minyak goreng," ucap Suhaimi saat dikonfirmasi Merahputih.com, Rabu (26/1).

Baca Juga:

Temukan Penimbun Minyak Goreng, Warga Diminta Lapor Polisi

Suhaimi mengatakan, pemerintah mempunyai kewenangan dan tanggung jawab dalam membuat sejumlah kebijakan guna menyelesaikan masalah minyak goreng ini. Jika pemerintah tak segera bergerak, masyarakat akan terus menjerit. Pasalnya, minyak merupakan salah satu komoditi yang paling penting.

"Menjaga stabilitas harga kewajiban pemerintah pusat maupun daerah dengan berbagai kebijakannya," paparnya.

Untuk kebijakan jangka pendek, Gubernur DKI Anies Baswedan dan jajarannya melalui SKPD bidang pangan harus gencar menggelar operasi pasar minyak goreng. Selain itu, diperlukan juga pengawasan secara ketat, seperti aturan minimal pembelian per orang.

Baca Juga:

Polisi Bekuk Penipuan Bermodus Jual Minyak Goreng Murah

Ia juga meyakini bahwa pemerintah mempunyai solusi dalam secepatnya menuntaskan masalah ini. Sebab sudah berlarut-larut dan menyengsarakan warga.

Menurut dia lagi, produsen dan asosiasi harus juga menjadi bagian penting untuk terlibat dalam menangani kelangkaan dan mahalnya minyak goreng.

"Perlu juga solusi jangka pendek Pemprov melakukan operasi pasar dengan menggelar bazar minyak goreng untuk masyarakat," cetusnya. (Asp)

Baca Juga:

Minyak Goreng Langka, Anak Buah Anies Akui Ada Peritel Modern Nakal

#Minyak Goreng #Harga Sembako #Anies Baswedan
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan