Pimpinan DPR Enggan Spekulasi Hasil Perppu Ormas

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Selasa, 24 Oktober 2017
Pimpinan DPR Enggan Spekulasi Hasil Perppu Ormas
Ilustrasi aksi unjuk rasa penolakan Perpu Ormas. (ANTARA FOTO/Bernadeta Victoria)

MerahPutih.com - Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan enggan berspekulasi terkait hasil yang akan diputuskan lembaganya terkait Perppu Ormas yang rencananya diambil keputusan pada Rapat Paripurna DPR, Selasa (24/10).

"Pemungutan suara atau tidak dalam pengambilan keputusan terkait Perppu Ormas tergantung sikap koalisi yang menolak, itu teknis," kata Taufik di Semarang, Senin (23/10).

Dia mengatakan, pemungutan suara dan apabila ada fraksi yang walk out ketika Rapat Paripurna Selasa (24/10) merupakan teknis dalam persidangan DPR.

Menurutnya, sikap fraksi-fraksi bisa dilihat dalam pandangan mini fraksi yang sudah diungkapkan dalam Rapat Komisi II DPR pada Senin (23/10).

"Sikap resmi fraksi-fraksi sudah disampaikan dalam pandangan mini fraksi sehingga lihat besok saja seperti apa," katanya.

Sebelumnya, Komisi II DPR membawa keputusan akhir Perppu Ormas ke Rapat Paripurna pada Senin (23/10).

Ketua Komisi II DPR Zainuddin Amali mengatakan, keputusan itu merupakan hasil rapat yang digelar Komisi II bersama pemerintah dengan agenda penyampaian pandangan fraksi pada Senin.

"Jadi, besok tanggal 24 akan diadakan paripurna untuk pengambilan keputusan tentang Perppu Ormas yang sudah dibahas di Komisi II," kata Amali di Jakarta.

Dia mengatakan, ada sejumlah pandangan yang dipaparkan dalam rapat Komisi II DPR, tiga fraksi di antaranya menolak Perppu ini, tiga lainnya menerima dengan catatan, sedangkan empat lainnya menerima penuh Perppu ini untuk disahkan menjadi Undang-Undang.

Namun, Amali berharap rapat paripurna besok bisa diselesaikan dengan musyawarah dan mufakat meskipun dirinya mengakui kalau rapat paripurna berpeluang dicapai dengan cara pemungutan suara. (*)

Sumber: ANTARA

#Perppu Ormas
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan