Pimpin Pemerintahan sampai 2 Juli, Wapres Ma'ruf Amin Wajib Konsultasi dengan Jokowi

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 28 Juni 2022
Pimpin Pemerintahan sampai 2 Juli, Wapres Ma'ruf Amin Wajib Konsultasi dengan Jokowi
Presiden Joko Widodo didampingi Wapres Ma'ruf Amin memberikan keterangan pers terkait dengan kunjungan kerja ke luar negeri. ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/Lukas

MerahPutih.com - Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin bakal memimpin pemerintahan Indonesia sampai 2 Juli 2022.

Hal tersebut berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) RI Nomor 9 Tahun 2022 tentang Penugasan Wakil Presiden Melaksanakan Tugas Presiden.

"Menetapkan: kesatu, menugaskan Wakil Presiden untuk melaksanakan tugas sehari-hari Presiden sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan selama Presiden melaksanakan kunjungan kerja dan/atau kenegaraan ke Jerman, Polandia, Ukraina, Rusia, dan Persatuan Emirat Arab pada tanggal 26 Juni sampai dengan 2 Juli 2022, atau sampai dengan tanggal tiba kembali di tanah air," demikian tulis keppres tersebut yang diakses dari situs resmi Sekretariat Negara pada Selasa (28/6).

Baca Juga:

Jokowi Sebut 323 Juta Orang Terancam Hadapi Kerawanan Pangan Akut

Adapun tujuan Wapres melaksanakan tugas keseharian Presiden itu dalam keppres disebutkan untuk menjaga lancarnya pelaksanaan pemerintahan.

"Kedua, bila dalam jangka waktu penugasan tersebut, perlu segera ditetapkan suatu kebijakan baru, Wakil Presiden sebagai pelaksana tugas Presiden wajib terlebih dahulu berkonsultasi dan meminta persetujuan kepada Presiden," demikian tambah aturan keppres tersebut.

Baca Juga:

Jokowi Bahas Perdamaian Ukraina dan Rusia dengan Presiden Macron

Butir ketiga ketetapan keppres adalah yaitu Presiden berada kembali di tanah air, penugasan berakhir dan Wakil Presiden segera melaporkan pelaksanaan tugas tersebut kepada Presiden.

Keppres itu berlaku sejak tanggal ditetapkan yaitu 24 Juni 2022.

Jokowi menjelaskan, tujuannya melakukan lawatan ke sejumlah negara adalah salah satunya untuk mengusung perdamaian antara Ukraina dan Rusia. (Knu)

Baca Juga:

Bertemu PM Inggris dan PM Kanada, Jokowi Tekankan Spirit Kolaborasi

#Wapres Ma'ruf Amin #Presiden Jokowi
Bagikan
Bagikan