Pimpin Apel Operasi Mantap Brata, Kapolri Minta Pasukan Waspadai Konflik Sosial

Mula AkmalMula Akmal - Selasa, 17 Oktober 2023
Pimpin Apel Operasi Mantap Brata, Kapolri Minta Pasukan Waspadai Konflik Sosial
Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Antara)

Merahputih.com - Mabes Polri mempersiapkan Operasi Mantap Brata Pengamanan Pemilu 2024 di Silang Monumen Nasional (Monas) Jakarta, Selasa (17/10).

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah menyiapkan sejumlah strategi untuk mengamankan jalannya Pemilu 2024. Terutama di wilayah dengan kerawanan tinggi.

Baca Juga:

Kapolri Mutasi 55 Perwira Tinggi dan Menengah

Ia berpesan kepada anak buahnya agar wilayah yang tergolong kerawanan tinggi dan sangat rawan, segera dilakukan antisipasi.

"Sedangkan bagi wilayah lain jangan underestimate dengan tetap mempersiapkan pengamanan sebaik mungkin," kata Sigit.

Sigit meminta seluruh jajarannya agar dapat melakukan pemetaan potensi konflik sosial dengan detail di wilayah masing-masing.

"Apabila terhadap konflik yang sedang mengganggu stabilitas Kamtibmas, pastikan penggunaan muatan dilakukan secara tepat sesuai SOP dengan memegang teguh asas proporsionalitas, legalitas, akuntabilitas serta resesitas," ucapnya.

Dia menyebut Pemilu 2024 digelar secara serentak dalam waktu yang juga berdekatan.

Baca Juga:

Pj Heru Tanggapi Usulan Kapolri Ganjil Genap Sepeda Motor di Jakarta

Terlebih lagi, Pemilu 2024 memiliki kompleksitas tersendiri karena dilaksanakan secara serentak dengan rentang waktu yang berdekatan, wilayah yang luas, geografis yang beragam, serta melibatkan jumlah pemilih yang besar.

Sigit lantas menyampaikan pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait Pemilu 2024 yang merupakan momen politik yang sangat penting.

Karena itulah, dia meminta agar semua pihak turut menjaga Pemilu 2024 agar berjalan lancar.

"Melihat pentingnya hal tersebut, maka seluruh komponen bangsa tentunya harus berpartisipasi penuh guna menyukseskan Pemilu 2024," ucap orang nomor satu di institusi Kepolisian ini.

Sekedar informasi, operasi Mantap Brata dilaksanakan sejak 19 Oktober 2023 sampai 20 Oktober 2024 yang diikuti oleh 261.695 personel di seluruh Indonesia. Tujuannya guna mengamankan seluruh tahapan pemilu. (Knu)

Baca Juga:

Kapolri Turunkan Tim Asistensi Pengusutan Dugaan Pemerasan oleh Pimpinan KPK

#Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo #Kapolri #Pemilu 2024
Bagikan
Bagikan