Wisata

PIM Muara Baru, Destinasi Wisata Kuliner Bahari di Utara Jakarta

P Suryo RP Suryo R - Senin, 26 April 2021
PIM Muara Baru, Destinasi Wisata Kuliner Bahari di Utara Jakarta
Pasar Ikan Modern Muara Baru yang lebih dari sekedar pasar ikan. (Foto: ist)

UNTUK meningkatkan dan memajukan perekonomian pada sektor kelautan dan perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan terus memberikan inovasinya. Salah satunya adalah dengan mengembangkan Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru yang terletak di Penjaringan, Kota Jakarta Utara.

Dengan mengusung konsep one stop shopping, PIM Muara Baru menawarkan destinasi wisata kuliner sambil berbelanja aneka ikan dengan suasana yang lebih bersih, nyaman, dan tentunya harga yang terjangkau.

Baca Juga:

Liburan ke Tanjung Lesung, Isi Perut di Rumah Makan Ibu Entin

pim
Pasar Ikan Modern Muara Baru memodernisasi pasar ikan konvensional menjadi kekinian. (Foto: ist)

Pasar ikan modern yang dibangun oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan, berdiri pada awal 2018. Tempat ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Maret 2019 lalu. Ragam produk laut segar dijual di PIM Muara Baru sangat beragam. Seperti berbagai jenis ikan, udang, cumi, gurita, kerang dan aneka sajian bahari lainnya yang dijamin kualitas dan kesegarannya.

Deliana Pradhita Sari, selaku corporate communication dari Perum Perindo sekaligus sebagai pengelola PIM Muara Baru, mengatakan bahwa pasar ikan modern merupakan suatu proses yang panjang dalam memodernisasikan dari pasar ikan konvensional ke pasar ikan yang lebih modern.

"Modernisasi di sini dapat dilihat dari segi bangunannya, arsitekturnya, infrastrukturnya, hingga segi behavior, habit dan mindset yang dibangun," jelas Deliana.

Baca Juga:

5 Makanan Khas Bandung yang Wajib Dicicipi

pim
PIM Muara Baru tak hanya bisa menikmati menu bahari, tapi juga berbelanja produk laut lainnya. (Foto: ist)

Dia menambahkan lagi, harapan dibangunnya pasar ikan modern ini menjadi sentra bisnis perikanan terbesar di Indonesia. Disamping itu juga sebagai penggerak roda perekonomian dari industri perikanan dan beyond fisheries dengan wisata kulinernya yang bisa memasak langsung ikan yang telah dibeli di area foodcourt.

Tidak hanya sekadar wisata kuliner saja yang ditawarkan. Pasar ikan modern ini memiliki fasilitas meeting room yang berada di lantai 2 dengan menerapkan prinsip mice (meeting, insentive, conference, dan exhibitions).

Baca Juga:

Negeri Aing Surganya Es Krim Legendaris

Kualitas ikan segar juga menjadi penentu para konsumen berbelanja ikan di pasar ikan. Di antaranya, yang harus diperhatikan dalam memilih ikan ialah dapat dilihat dari matanya. Ikan segar memiliki mata yang cembung dan jernih. Insang ikan bisa menjadi pertimbangan, yakni berwarna cokelat kemerahan dan sedikit lendir yang transparan. Daging pada ikan juga menandakan tingkat kesegaran ikan, jika ditekan, daging akan kembali elastis dengan bau yang masih segar atau tidak amis.

PIM Muara Baru buka setiap hari, mulai pukul 5 sore hingga pukul 3 dini hari. Yang istimewa sebenarnya kalau bulan Ramadan, PIM Muara Baru menjadi alternatif ngabuburit berbagai kalangan usia, khususnya keluarga. (psr)

Baca Juga:

Kisah di Balik Tahu Gejrot Khas Cirebon

#Wisata #Travel #Traveling
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan