Pilwakot Solo 2020, Perang Spanduk Antara Purnomo-Teguh dan Gibran Mulai Sengit Spanduk bakal calon wali kota dan wakil wali kota Solo Purnomo-Teguh (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Tahapan Pilwakot Solo, Jawa Tengah belum dimulai. Namun, spanduk dukungan bakal calon cawali dan cawawali di Pilwakot Solo, Achmad Purnomo-Teguh Prakosa (Ampuh) yang diusung DPC PDIP Solo di Pilwakot Solo mulai bermunculan.

Tak hanya itu, spanduk dukungan terhadap Gibran Rakabuming Raka maju di Pilwakot Solo juga bermunculan di jalan-jalan utama Kota Solo. Diketahui Gibran dan Purnomo sama-sama kader PDIP yang sedang berebut rekomendasi dari DPP PDIP.

Baca Juga:

Tiga Bakal Calon Independen Maju di Pilwakot Solo, Satu Orang Eks Relawan Jokowi-Ma'ruf

Pantauan merahputih.com, spanduk Gibran bertuliskan 'Solo Satu Sahabat Gibran' disertai dengan gambar wajah Gibran warna hitam dengan kain dasar warna putih terpasang di Palang Joglo, Kelurahan Nusukan, Kecamatan Banjarsari, Solo.

Pilwakot Solo 2020, Purnomo-Teguh
Spanduk dukungan terhadap Gibran Rakabuming Raka bermunculan di Solo, Jawa Tengah, Rabu (4/12). (MP/Ismail)

Spanduk serupa juga dipasang di pohon depan Pasar Depok, Kelurahan Manahan, Solo. Spanduk ini bertuliskan 'For G' disertai wajah Gibran dengan kain dasar warna pelangi.

Sementara itu, spanduk dukungan terhadap Purnomo-Teguh terpasang di Jalan Solo-Wonogiri. Spanduk itu bertuliskan 'Ampuh Kami Siap Memenangkan Pilkada'. Di lokasi tak jauh dari spanduk pertama, juga terpasang spanduk bertuliskan 'Purnomo-Teguh Bernartabat, #2020 Tetap Puguh'.

Juru bicara organ relawan pendukung Gibran atau Kancane Gibran Gess (Kagege), Imelda Yuniati, membenarkan adanya spanduk dukungan terhadap Gibran yang dipasang di sejumlah lokasi di Kota Solo. Pemasangan spanduk dimulai sejak tanggal 1 Oktober.

Spanduk Gibran di Pilwalkot Solo
Spanduk Gibran dipasang oleh organ relawan (MP/Ismail)

"Kita juga tidak bisa mencegah jika ada masyarakat atau relawan tiba-tiba pasang spanduk dukungan," ujar Imelda di Solo, Rabu (4/12).

Ia mengatakan dari Kagege sendiri telah memasang spanduk sebanyak 104 titik. Spanduk pada umumnya dipasang di rumah-rumah relawan, dan juga ditambah 500-an spanduk dan bendera 'For G'.

"Kami hanya pesan pada 26 organ relawan pendukung Gibran dibawah kendali Kagege agar tidak memasang spanduk di lokasi yang dilarang Pemkot Solo," tandasnya.

Baca Juga:

Pencopotan Spanduk Dukungan Purnomo-Teguh Vs Gibran, Satpol PP Solo Pilih Kasih?

Ketua DPC PDP FX Hadi Rudyatmo, mengatakan soal spanduk dukungan terhadap Purnomo-Teguh atas inisiatif pendukung dari bawah. Dari DPC tidak ada perintah khusus untuk buat spanduk itu.

Spanduk Purnomo-Teguh di Pilwalkot Solo
Spanduk dukungan terhadap pasangan cawali dan cawawali, Achmad Purnomo-Teguh Prakosa bermunculan di Solo, Jawa Tengah, Rabu (4/12). (MP/Ismail)

"Saya tidak bisa memantau jika dari bawah ada yang pasang spanduk. Tugas saya dalam penjaringan cawali dan cawawali sudah selesai. Sekarang tinggal menunggu rekomendasi turun," pungkasnya.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

Katrol Popularitas Gibran di Pilwalkot Solo, Relawan Kagege Adakan Bakti Sosial



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH