Pilwakot Solo 2020, DPP Nasdem Belum Putuskan Dukung Putra Sulung Jokowi Wakil Ketua Fraksi Partai Nasdem DPR, Eva Yuliana, Sabtu (30/11). (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasdem sejauh ini belum menentukan arah dukungan kepada bakal balon siapapun di Pilwakot Solo 2020.

Meskipun demikian, Partai Nasdem mengapresiasi munculnya dua nama calon wali kota (cawali) kader DPC PDIP Solo yang saat ini sedang berebut rekomemdasi DPP PDIP Solo. Kedua nama tersebut adalah petahana wakil wali Kota Solo, Achmad Purnomo dan putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

Baca Juga:

DPD PDIP Jateng Buka Pendaftaran Calon Kepala Daerah, Masyarakat Umum Boleh Daftar

"Pilkada Solo menjadi sorotan publik setelah dia (Gibran) muncul untuk maju di Pilwakot Solo. Pastinya itu menarik ditunggu banyak publik," ujar Wakil Ketua Fraksi Partai Nasdem DPR, Eva Yuliana di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (30/11).

Partai Nasdem belum dukung Gibran di Pilwalkot Solo 2020
Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Eva Yuliana menyosialisasilan empat pilar kebangsaan di Desa Trangsan, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Sabtu (30/11). (MP/Ismail)

Anggota Komisi III DPR ini menegaskan Purnomo dan Gibran adalah kader terbaik PDIP yang saat ini sedang berebut restu Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri untuk maju di Pilwakot Solo. Keduanya punya kemampuan memimpin Kota Solo lima tahun ke depan.

"Secara pribadi saya juga dekat dengan Gibran dan Purnomo. Siapapun nanti keputusan DPP Partai Nasdem memberikan dukungan pada siapa, kita tunduk dan mematuhi aturan partai," jelas Eva Yuliana.

Eva mengatakan sebagai anggota DPR yang maju di Dapil V Jawa Tengah, memiliki basis massa banyak di Solo siap bekerja untuk memenangkan cawali yang didukung DPP Partai Naadem.

Baca Juga:

DPD PDIP Jateng Buka Peluang Gibran Daftar Pilwakot, Ketua DPC Solo Pasrah

Diketahui Partai Naadem Solo pada Pileg 2019 lalu tidak mendapatkan kursi di DPRD Solo sehingga tidak bisa mengusung cawali dan cawawali di Pilwakot Solo sendiri. Partai Nasdem hanya bisa memberikan dukungan di Pilwakot Solo di luar parlemen.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

Cucu Sukarno Diusung Gerindra, Ketua DPC PDIP Solo Ancam Cabut Keanggotaan



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH