Pilpres 2019 Untungkan Jokowi Presiden Jokowi dan Wapres JK. (ANTARA FOTO)

MerahPutih.com - Pengamat politik dari President University Muhammad AS Hikam menilai, sebagai petahana Joko Widodo lebih diuntungkan pada Pemilihan Presiden 2019.

Menurut Hikam, Jokowi cenderung diuntungkan karena memiliki persiapan yang lebih lama. Pasalnya, sebagai petahana kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu sudah dikenal masyarakat.

"Persiapannya lebih lama, tidak usah kampanye, sudah dikenal oleh masyarakat," ujar Hikam dalam diskusi bertajuk "Presidential Race: Siapa Lawan Tanding Jokowi?" di Kantor PARA Syndicate, Jakarta Selatan, Jumat (6/7).

Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla
Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla (kiri) ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf)

Karena itu, menurut mantan Menteri Negara Riset dan Teknologi ini, calon penantang Jokowi harus memiliki keunggulan agar dapat menggeser mantan Gubernur DKI Jakarta itu dari kursi RI satu.

Sementara itu, jika Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto kembali menantang Jokowi, ia harus bekerja keras. Pasalnya, selama dua dasawarsa terakhir belum ada seorang presiden yang terpilih setelah pernah kalah dalam pencapresan sebelumnya.

"Bagi penantang yang sudah pernah kalah, ia harus bekerja keras untuk mengalahkan petahana. Ini konsekuensi logis dari situasi struktural, oleh karena itu petahana cenderung diuntungkan," pungkasnya. (Pon)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH