Pilot Graham Laurie: Operasi Pemulangan Putri Diana Sempat Membuat Saya Tertekan Putri Diana (kanan). (Foto: Pixabay)

KEMATIAN tragis Putri Diana 20 tahun lalu meninggalkan banyak tanya dan kisah mengharukan. Mulai dari penyebab kecelakaannya yang masih menjadi misteri hingga duka mendalam yang masih dirasakan orang-orang yang pernah bersentuhan dengannya serta mengurusi kepergiannya.

Seperti pengakuan pilot Graham Laurie yang menerbangkan jenazahnya. Proses penerbangan peti jenazah mantan istri Pangeran Charles itu berjalan lancar meski penuh rahasia.

"Kami perlu menjaganya serahasia mungkin, dan saya rasa, tidak ada yang bisa membajaknya," ungkap Graham Laurie, sebagaimana dikutip dari Antara.

Demi menjaga rahasia penerbangan jenazah Sang Putri dari para pengintai yang menggunakan frekuensi sipil ATC, Laurie harus mengganti radio di tengah perjalanan dari RAF Northolt ke Paris dan sebaliknya. Sebagai pesohor, semua kabar terbaru tentang Lady Di memang amat diburu pengintai.

Laurie menyebutkan pula bahwa ada pergantian pesawat di menit-menit terakhir operasi pemulangan lantaran peti jenazah perlu tempat. Biasanya rencana penerbangan kematian anggota keluarga kerajaan telah dipersiapkan dengan baik. Namun, saat Putri Diana meninggal pada 1997, rincian penerbangannya dibuat dadakan di lapangan.

Menurut pilot yang telah ratusan kali menerbangkan keluarga kerajaan Inggris Raya sebelum ia pensiun di tahun 2000, perdana menteri, militer dan pers dunia sudah berkumpul di RAF Northolt saat ia mendarat di sana pada pukul 19.00. Menghadapi fakta tersebut, Laurie sempat merasa amat tertekan.

Meski begitu, ia tetap merasa senang karena terpilih menjadi pilot yang menerbangkan jenazah Diana karena ia telah lama mengenalnya. "Saya senang jadi pilotnya, daripada orang lain yang tidak mengenalnya atau tim Royal Household," kata pria yang kini berusia 71 tahun itu.

Walaupun sempat diwarnai ketegangan, kecemasan, dan penggantian radio, operasi pemulangan Putri Diana berjalan lancar. Bahkan, Laurie mendapatkan apresiasi dari Pangeran Charles.

"Di akhir acara, dia mendatangi saya untuk bilang terima kasih telah membantu kelancaran perjalanan," pungkas Laurie.

Peringatan 20 tahun kematian Putri Diana jatuh pada 31 Agustus mendatang. Pangeran Harry dan William akan memberi penghargaan kepada ibunya dengan menaruh sebuah patung di rumah lama Putri Diana. (*)

Simak juga artikel Begini "Curhatan" Pangeran William Jelang 20 Tahun Kematian Putri Diana.



Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH