Pilkada Serentak Libur Nasional, Anies: Kita Ikuti Keputusan Pemerintah Ilustrasi pekerja melipat surat suara untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) (ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani)

Merahputih.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan mematuhi kebijakan pemerintah pusat soal penerapan libur Pilkada serentak yang akan berlangsung Rabu (27/6).

"Kita mengikuti keputusan nasional, kalau semua wilayah libur kita mengikuti keputusan Presiden," kata Anies di Jakarta, Senin (25/6).

Menurut Anies, banyak pegawai negeri sipil (PNS) Pemprov DKI yang berdomisili di luar Ibu Kota. Sehingga, mereka membutuhkan waktu untuk menggunakan hak pilihnya dimasing-masing tempat pemungutan suara (TPS).

"Dan tentu mereka tidak boleh kehilangan hak pilihnya," ungkap Anies.

Pemerintah pusat telah menetapkan Rabu (27/6) menjadi hari libur nasional, karena bertepatan dengan hari pemungutan suara Pilkada Serentak 2018.

"Ketua KPU mengusulkan tanggal 27 diliburkan secara nasional. Ini sudah disetujui oleh pemerintah. Jadi akan libur semua daerah," ujar Menko Polhukam Wiranto saat rapat koordinasi evaluasi pengamanan Pilkada Serentak 2018 di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (25/6).

ilustasi sosialiasi pilkada (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Penetapan hari libur nasional ini ditetapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Keputusan Presiden (Keppres) yang diteken dua hari sebelum pencoblosan. Tambahan libur nasional itu tertuang dalam Keppres No 14 tahun 2018.

"Menetapkan hari Rabu tanggal 27 Juni 2018 sebagai hari libur nasional dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota secara serentak," demikian tertulis dalam Keppres yang diteken Jokowi.

Untuk diketahui, ada 171 daerah akan melaksanakan pemungutan suara secara serentak di pilkada transisi gelombang ketiga ini yang bakal digelar Rabu besok. Dari 171 daerah tersebut, ada 17 provinsi, 39 kota, dan 115 kabupaten yang akan menyelenggarakan pilkada. (asp)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH