Pilkada Serentak 2020, Polda Jateng Prioritaskan Pengamanan Solo dan Semarang Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi. (MP/Ismail)

MerahPutiih.com - Pikada serentak 2020 tinggal menyisakan waktu tiga bulan lagi tepatnya pada 9 Desember mendatang.

Polda Jawa Tengah telah memetakan Kota Solo dan Kota Semarang menjadi dua daerah yang menjadi prioritas pengamanan.

"Total ada 21 kabupaten/kota di Jawa Tengah tengah yang mengadakan pilkada pada 9 Desember mendatang. Dari banyaknya daerah tersebut Kota Solo dan Kota Semarang yang menjadi prioritas pengamanan Polda Jawa Tengah," ujar Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi, Rabu (9/9).

Baca Juga:

6 Jagoan PDIP di Jateng Lawan Kotak Kosong

Luthfi mengatakan, pertimhangan Polda Jawa Tengah memprioritaskan pengamanan pada Kota Solo dan Semarang karena jumlah penduduk banyak dan masyarakat cukup aktif.

Meskipun demikian, ia tidak akan memutuskan berkantor di kedua daerah tersebut selama berlangsung pilkada.

"Saya tidak akan berpindah kantor di Solo selama Pilkada serentak nanti. Kantor saya tetap di Semarang," katanya.

Bakal cawali dan cawawali Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa yang diusung PDIP. (MP/Ismail)
Bakal cawali dan cawawali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa. (MP/Ismail)

Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Iskandar F Sutisna menambahkan, Kapolda tetap berkantor di Semarang selama masa pilkada.

Ia menegaskan, semua daerah ada kerawanan, tapi ada eskalasi dari 21 daerah kabupaten/kota di Jawa Tengah tersebut yang masuk sekala prioritas keamanan.

"Semarang dan Solo masuk sekala prioritas keamanan Polda Jawa Tengah saat pemungutan suara nanti. Kami siap memberikan pengamanan terbaik," kata Iskandar.

Ia nengatakan, mengenai pengamanan pilkada serentak pada 9 Desember mendatang, Polda Jawa Tengah telah menyiapkan sebanyak 14.000 personel gabungan. Pengamanan tetap mengedepankan protokol kesehatan COVID-19.

Baca Juga:

Waspada Mutasi Virus Corona Muncul di DIY dan Jateng

Diketahui, di Pilwalkot Solo diikuti dua pasangan bakal cawali dan cawawali, yakni Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa yang diusung PDIP serta didukung parpol Gerindra, PAN, Golkar, PSI, PKB, PPP, Nasdem, dan Perindo. Sedangkan pasangan Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) maju dari jalur independen.

Sementara di Pilwakot Semarang, petahana Hendrar Prihadi-Hevearita Gunaryanti Rahayu akan melawan kotak kosong. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Ganjar: Perekonomian Jateng Turun 5,9 Persen


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH