Pilkada Jatim Gairahkan Okupansi Kamar Hotel di Surabaya ilustrasi kamar hotel (Foto: youtube)

Merahputih.com - Penyelenggaraan Pilkada di Jawa Timur menaikkan tingkat keterisian atau okupansi kamar hotel di wilayah setempat hingga 30 persen dibanding hari biasa.

"Peningkatannya cukup banyak untuk pertemuan rapat, dan khususnya fasilitas meeting room hingga 30 persen," kata Assistant Director Of Sales and Marketing Hotel Wyndam Surabaya, J Rayan Deka Napitupulu di Surabaya, Rabu (14/3) dilansir Antara.

Selain untuk pertemuan rapat Pilkada, keberadaan hotel umumnya juga diisi kegiatan konsolidasi partai yang mendukung para calon peserta Pilkada.

Sebelumnya, Rayan mengaku pada awal Maret 2018 okupansi hotel di Jatim rata-rata berada pada kisaran rendah, namun pihaknya optimistis akhir bulan ini akan naik karena adanya hari libur ganda di akhir pekan atau long weekend pada 17-18 Maret dan 30-31 Maret hingga 1 April.

"Itu kami manfaatkan untuk menarik lebih banyak konsumen, dan kami siapkan program paket menginap untuk mengerek okupansi ditengah low season (musim sepi) biar tidak semakin low (rendah)," tuturnya.

Selain itu, kata Rayan, beberapa hotel juga memanfaatkan momen Hari Raya Nyepi guna membidik tamu yang hanya perlu transit di hotel untuk selanjutnya perjalanan ke Bali atau daerah tujuan wisata lainnya.

"Long weekend tanggal 17 Maret besok adalah hari raya Nyepi. Dan di Pulau Bali biasanya aksesnya ditutup selama 24 jam karena mayoritas masyarakat Bali merayakan kegiatan ibadah Nyepi. Jadi bisa menunggu di Surabaya di hotel kami," katanya.

Secara umum, kata Rayan, pada awal Maret 2018 okupansi hotel mengalami penurunan antara 20-30 persen dari rata-rata 60 persen hingga 70 persen, namun saat hari libur atau akhir Maret 2018 diperkirakan okupansi rata-rata di atas 80 persen. (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH