Pilkada Serentak

Pilkada di Tangsel, Warga Terpantau Patuh Pada Protokol Kesehatan

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Rabu, 09 Desember 2020
Pilkada di Tangsel, Warga Terpantau Patuh Pada Protokol Kesehatan
Warga hendak memilih di Pilkada Tangsel. (Foto: Kanugrahan)

MerahPutih.com - Sekitar 100 juta warga bakal menggunakan hak pilihnya di Pilkada Serentak 2020. Berbeda dengan tahun sebelumnya, pilkada kali ini diselenggarakan di tengah pandemi.

Oleh sebab itu, tolok ukur keberhasilan penyelenggaraan pilkada pada 9 Desember ini, ditentukan dari penegakan kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan. Sehingga tidak terjadi penularan kasus COVID-19.

Baca Juga:

Pilkada Tangsel Berebut 979.109 Suara di 2.963 TPS

Dari pantauan di sejumlah TPS kawasan Tangerang Selatan, beberapa pemilih diwajibkan mematuhi protokol kesehatan. Seperti menggunakan masker, dan menjaga jarak.

Para pemilih juga diminta mencuci tangan sebelum masuk dan mengukur suhu tubuhnya oleh petugas KPPS. Petugas KPPS pun diwajibkan memakai masker dan face shild hingga sarung tangan.

Yang boleh masuk ke ruang pemungutan suara pun hanya boleh satu orang saja. Sementara, sisanya diminta menunggu di dedepan.Jam memilihnya pun diatur untuk mencegah terjadinya kerumunan.

Para pemilih yang hendak menandai jarinya ke tinta hanya boleh diberikan petugas. Setelah memilih, mereka pun diminta langsung pulang ke rumah.

Warga antre untuk memilih di Pilkada Tangsel. (Foto: Kanugrahan).
Warga antre untuk memilih di Pilkada Tangsel. (Foto: Kanugrahan).

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengeluarkan berbagai peraturan yang menekankan pentingnya penerapan protokol kesehatan di seluruh tahapan pilkada kali ini. Termasuk juga pada saat pemungutan suara di tempat pemungutan suara (TPS).

Penyelenggara pilkada, harus bertanggungjawab atas penegakan disiplin protokol kesehatan selama pemungutan suara berlangsung.

"Pastikan semua individu yang bertugas memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Petugas juga wajib mengingatkan pemilih untuk menerapkan protokol kesehatan secara disiplin yang sama," katanya. (Knu)

Baca Juga:

Kerahkan Ribuan Aparat, Polisi Amankan dan Tindak Pelanggar Prokes di Pilkada Tangsel

#Pilkada Serentak #Pilkada 2020 #Pilkada Tangsel #Libur Pilkada
Bagikan
Bagikan