Parenting

Pilihan Minuman Sehat untuk Si Kecil

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Rabu, 04 Mei 2022
Pilihan Minuman Sehat untuk Si Kecil
Pilihan minuman sehat untuk si kecil. (Foto: Freepik/freepik)

MEMBERIKAN minuman yang kaya nutrisi kepada Si Kecil sangat penting. Pemberian minuman yang sehat untuk anak akan membantu mendukung tumbuh kembangnya.

Dilansir dari laman Alodokter, selain bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembang anak, mencukupi kebutuhan cairan juga berguna untuk mencegah anak mengalami dehidrasi. Jumlah air yang perlu dikonsumsi anak usia 1–3 tahun adalah sekitar empat gelas per hari. Sedangkan, untuk anak berusia 4–8 tahun, jumlah asupan air yang dianjurkan kurang lebih adalah lima gelas per hari.

Baca Juga:

Bantu Bersihkan Ingus si Kecil, ini Caranya

Air putih merupakan minuman yang paling penting bagi anak, terutama anak yang usianya sudah lebih dari 6 bulan. Air putih bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, memaksimalkan kerja otak dan meningkatkan konsentrasi belajar.

Namun, selain air putih, ada juga beberapa jenis minuman sehat yang baik untuk dikonsumsi oleh anak, antara lain:

1. Susu

Pilih susu yang memiliki berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh anak, misalnya vitamin D, protein, kalsium, dan fosfor(Foto: Freepik/Wiroj Sidhisoradej)

Manfaat susu bagi anak memang sudah tidak perlu lagi diragukan, mulai dari menjaga kesehatan tulang hingga mendukung tumbuh kembangnya secara keseluruhan. Agar manfaatnya bisa diperoleh Si Kecil secara maksimal, yang perlu dilakukan adalah memilih susu yang tidak mengandung banyak gula. Pilihlah yang memiliki berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh anak, misalnya vitamin D, protein, kalsium, dan fosfor.

Selain itu, perhatikan juga jumlah susu yang dikonsumsi anak. Umumnya, untuk anak usia 1–9 tahun, jumlah konsumsi susu yang disarankan adalah sekitar dua gelas per hari.


2. Jus buah

Jus yang aman dikonsumsi oleh anak adalah jus alami yang 100 persen terbuat dari buah, tanpa tambahan gula. (Foto: freepik/freepik)

Jus buah juga baik untuk dikonsumsi anak, karena mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan Si Kecil. Meski demikian, jenis dan jumlah jus yang dikonsumsi juga perlu kamu perhatikan ya.

Baca Juga:

Parents, Ajarkan Keterampilan Sosial Dasar kepada si Kecil

Jus yang aman dikonsumsi oleh anak adalah jus alami yang 100 persen terbuat dari buah, tanpa tambahan gula. Sebaliknya, hindari jus yang mengandung banyak gula, karena dapat meningkatkan risiko anak mengalami kerusakan gigi, obesitas, bahkan diabetes tipe 2. Untuk anak yang berusia 1–6 tahun, konsumsi jus disarankan tidak lebih dari satu gelas per hari. Sedangkan untuk anak yang berusia 7 tahun, batas konsumsi jus adalah dua gelas per hari.


3. Air kelapa

Air kelapa mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan Si Kecil. (Foto: Freepik/jcomp)

Meski mengandung gula, air kelapa tetap baik untuk dikonsumsi anak. Pasalnya, air kelapa mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan Si Kecil, seperti natrium, kalium, magnesium, dan kalsium. Air kelapa juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengganti cairan dan elektrolit yang hilang saat anak mengalami diare atau muntah-muntah. Selain itu, air kelapa juga bisa menjadi pilihan tepat bagi Si Kecil yang aktif berolahraga agar terhindar dari risiko dehidrasi.

4. Teh herbal

Jenis teh herbal aman dan sehat untuk si kecil. (Foto: freepik/master1)

Teh umumnya dianggap sebagai minuman yang tidak ramah untuk anak-anak. Padahal, beberapa jenis teh herbal aman dan sehat kok untuk diberikan pada anak-anak, misalnya teh chamomile, teh mint dan teh serai.

Beberapa teh herbal tersebut tidak mengandung kafein dan menawarkan berbagai manfaat kesehatan bagi Si Kecil, seperti mengatasi mual, gangguan pencernaan, bahkan kecemasan pada anak.

Itulah beberapa pilihan minuman sehat yang bisa kamu berikan untuk Si Kecil. Perlu diingat ya, meski minuman-minuman di atas umumnya aman bagi anak-anak, tetapi sebaiknya kamu tetap berkonsultasi pada dokter terkait pemberiannya untuk anak ya, apalagi bila Si Kecil memiliki kondisi kesehatan tertentu. (dgs)

Baca Juga:

Menggendong Bayi Membuatnya Nyaman

#Kesehatan #Parenting
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan