Pilihan Menu Sarapan yang Baik Saat Diet Sarapan adalah penentu apakah dietmu akan berhasil atau tidak (Foto: yourstory)

SUDAH bukan rahasia umum lagi kalau sarapan sangat penting bagi kesehatan, tanpa terkecuali saat orang sedang menjalani program diet. Makanan yang kamu santap saat sarapan adalah kunci sukses atau tidaknya diet kamu.

Jadi ketika kamu sedang menjalani diet, hal yang harus diperhatikan pertama kali adalah menu sarapan. Dengan begitu keinginan memiliki bentuk tubuh ideal bisa cepat tercapai.

Nah, dilansir dari Boldsky, Selasa (4/12), kali ini merahputih.com akan memberikan beberapa menu diet yang bisa kamu gunakan saat sarapan. Dengan begitu diet kamu sukses, tenaga untuk menjalani aktivitas sehari-hari juga tercukupi.

1. Pisang, kaya serat rendah kalori

Pisang (Foto: pixabay/ejaugsburg)
Pisang sangat cocok untuk sarapan (Foto: Pixabay/ejaugsburg)

Buah yang satu ini kaya akan serat dan rendah kalori. Kandungan tersebut menjadikan pisang sangat cocok untuk menu sarapanmu. Kamu bisa memasukannya ke dalam sereal atau dimakan langsung. Selain itu, pisang juga bisa digunakan sebagai camilan ketika lapar menyerang.

2. Bayam, rendah kalori, bergizi tinggi

Bayam (Foto: pixabay/Showmeyourflowers)
Bayam kaya vitamin C (Foto: Pixabay/Showmeyourflowers)

Bayam sangat baik dikonsumsi saat sarapan karena kandungan zat besi dan potasium di dalamnya. Selain itu bayam juga memiliki rendah kalori dan bergizi tinggi. Agar penyerapan zat besi pada sayuran ini maksimal maka disarankan untuk mengonsumsi makanan lain yang kaya vitamin C seperti tomat atau jeruk.



3. Ubi dapat membantu menurunkan berat badan

Ubi (Foto: Pixabay/Silentpilot
Ubi rendah kalori. (Foto: Pixabay/Silentpilot

Sudah bukan rasasia umum lagi kalau ubi adalah salah satu makanan pengganti nasi. Ubi sangat berguna untuk menurunkan berat badan karena kandungan serat yang tinggi. Selain itu, ubi juga rendah kalori dan mengandung air sehingga bisa bekerja sama menurunkan berat badan.

4. Semangka kaya vitamin A dan C

Semangka (Foto: Pixabay/congerdesign)
Semangka memberikan rasa kenyang cukup lama. (Foto: Pixabay/congerdesign)

Buah yang satu ini terdiri dari 90 persen air, rendah kalori, kaya vitamin C dan A serta magnesium. Selain rasa segar saat dimakan, semangka juga mampu memberikan rasa kenyang untuk jangka waktu tertentu. Selain itu semangka juga tidak mengandung lemak dan koresterol.

5. Telur mengandung lemak baik

Telur (Foto: Instagram/RitaE)
Telur makanan terbaik untuk diet. (Foto: instagram@RitaE)

Telur adalah salah satu makanan terbaik saat diet. Telur memiliki protein yang tinggi serta lemak sehat. Hal itu membuat kamu kenyang lebih cepat. Sebuah studi mengatakan kalau telur bisa mencegah makan berlebihan saat sarapan dibandingkan bagel (rori yang mirip donat).

6. Avokad mengandung potasium yang baik bagi tubuh

Avokad (Foto: Pixabay/Kjokkenutstyr)
Avokad mengandung asam oleat tak jenuh tunggal. (Foto: Pixabay/Kjokkenutstyr)

Avokad memiliki lemak sehat dan asam oleat tak jenuh tunggal yang tinggi. Lemak ini bisa kamu temukan di munyak zaitun. Selain itu avokad juga banyak serat dan mengandung air. Avokad juga mengandung potasium dan salah satu sumber lemak sehat terbaik untuk dimasukan ke menu diet.

7. Oatmeal mengandung beta-glukan yang meningkatkan rasa kenyang

Oatmeal (Foto: Pixabay/Pezibear)
Oatmeal ampuh menurunkan berat badan. (Foto: Pixabay/Pezibear)

Makanan yang baik untuk sarapat saat program diet adalah oatmeal. Makanan ini terbukti ampuh menurunkan berat badan dengan baik. Oatmeal dikemas dengan serat 11,6 g per 100 g saji sehingga membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Oat juga mengandung beta-glukan yang meningkatkan rasa kenyang. (yani)

Kredit : yani

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani