Teknologi

Pilih Tipe Earphone Sesuai Bentuk Telinga

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Selasa, 31 Mei 2022
Pilih Tipe Earphone Sesuai Bentuk Telinga
Kenali ragam jenis earphone yang cocok untuk kebutuhanmu (Foto: pixabay/firmbee)

APAKAH earphone pilihan kamu sudah tepat? Ternyata, bentuk telinga kamu memengaruhi kebutuhan tipe earphone yang kamu gunakan. Oleh karena itu, kamu harus menyesuaikan bentuk telinga kamu dengan tipenya agar pengalaman mendengarkan audio makin sempurna.

Seperti yang dikutip dari laman Antara, brand perangkat audio JBL menyarankan seperti itu. Ini dimaksudkan agar memberikan hasil maksimal saat mendengarkan audio. Selain itu, ada empat tipe earphone yang sering ditemui di pasaran.

Baca Juga:

Earphone Canggih Ini Bisa Lacak Ekspresi Wajah, Bahkan Saat Pakai Masker

Ada beragam jenis earphone yang nyaman untuk digunakan (Foto: pixabay/drnickstafford)

Tipe pertama yakni Dot-closed, yang merupakan True Wireless Stereo (TWS) berbentuk dot dengan bagian ujung telinga atau ear tip berbahan silikon. Tipe ini cocok untuk pengguna yang memiliki bentuk tragus telinga pendek dan daun telinga dalam.

Silikon pada ear tip perangkat dapat menyegel penuh lubang telinga, yang berguna untuk meredam suara dari luar dan memaksimalkan suara bass. Model ini cocok digunakan bagi orang suka beraktivitas sambil mendengarkan musik dengan suara bass yang kuat.

Tipe kedua yaitu stick-closed. Tipe ini memiliki bagian ujung telinga yang dilapisi oleh silikon. Perbedaannya dengan dot-closed, jenis ini memiliki cangkang dan gagang pendek, agar TWS tidak mudah lepas ketika dipakai.

Silikon pada ear tip akan menyegel lubang telinga secara penuh, meredam suara dari luar, dan memaksimalkan suara bass. Jenis ini cocok bagi pemilik telinga dengan tragus berbentuk V solid dan memiliki daun telinga dangkal.

Baca juga:

5 Rekomendasi Wireless Earphone Murah Berkualitas

Selanjutnya ialah Stick-open. Berbeda dari dua model sebelumnya, ear tip pada model stick-open tak menyegel penuh telinga. Pengguna masih bisa mendengar suara di sekitarnya.

Model ini, sangat cocok bagi pengguna yang memiliki telinga tragus V solid dan concha dangkal. Biasanya, earphone stick-open punya cangkang dan gagang yang pendek.

Tipe headphone on-ear dan over-ear salah satu earphone yang paling fleksibel diantara model lainnya (Foto: pixabay/briam-cute)

Terakhir yaitu headphone on-ear dan over-ear. Model ini merupakan earphone paling fleksibel di antara model lainnya. Semua orang relatif bisa menggunakan model ini, khususnya bagi mereka yang gemar menggunakannya dalam waktu lama. Tipe ini tidak membuat telinga sakit walaupun durasi pemakaiannya panjang.

Earphone ini cukup nyaman digunakan pada berbagai bentuk telinga. Suara bass yang dalam, mid jernih, dan frekuensi yang diperluas semakin memaksimalkan pemakaiannya. (ryn)

Baca juga:

Ini Bedanya Cara Membersihkan Headphone dan Earphone

#Teknologi #Earphone
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan